4 Kiat Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tahun baru biasanya menjadi momen untuk menyusun resolusi setahun ke depan.

Biasanya poin yang menjadi resolusi adalah hal apa yang akan menjadi prioritas pencapaian di tahun ini dan hal yang gagal tercapai di tahun sebelumnya.

Psikolog klinis dewasa Mega Tala Harimukthi S.Psi, M.Psi memberi kiat membuat resolusi tahun baru haruslah  realistis agar lebih mudah mengukur pencapaiannya.

1. Evaluasi resolusi tahun sebelumnya

Untuk menyusun resolusi yang realistis di tahun ini sebaiknya diawali dengan mengevaluasi tahun sebelumnya.

"Resolusi idealnya dibuat dengan tolok ukur evaluasi dari resolusi di tahun sebelumnya, supaya bisa menentukan goals di tahun berikutnya," ujarnya mengutip Antara, Selasa (2/1).

2. Menentukan skala prioritas

Membuat resolusi yang realistis atau tidak sebenarnya menjadi hak tiap orang. Namun tetap saja harus menetukan hal yang menjadi skala prioritas.

Misalnya prioritasnya adalah menikah tapi sekarang masih kuliah, Ya berarti menuju goals itu kita harus merancang step by step-nya, menyusun skripsi atau tesis baru bisa menikah," ujar Mega.

3. Tentukan tujuan yang jelas

Penting untuk mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik agar resolusi yang dibuat menunjukkan prioritas sehingga bisa tercapai optimal.

Apabila resolusi tidak memiliki tujuan yang jelas artinya resolusi tersebut  tak menunjukkan prioritas sehingga dalam mencapainya tidak optimal.

4. Rutin lakukan evalusia per 3 atau 6 bulan

Langkah berikutnya yakni merancang tahapan yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan dan mengarahkannya serta membuat evaluasi berkala dan lembar ceklis dari setiap tahapan.

"Evaluasi berkala misalnya setiap bulan atau per 3 bulan atau per 6 bulan. Dari evaluasi kita bisa lihat apa sudah sejalan dengan resolusinya atau masih ada yang perlu ditingkatkan lagi," tutur Mega.