Drone Rusia Hancurkan Pelabuhan Sungai Danube Ukraina, 2 Warga Luka

Sebuah rumah di Kiev, Ukraina, pada 30 Agustus 2023 terbakar akibat terkena serangan 'drone' dan rudal Rusia - (foto by Antara / Handout via REUTERS)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Drone milik Rusia menghancurka infrastruktur pelabuhan Sungai Danube, Ukraina. Akibat kejadian ini dua warga luka menurut pejabat Ukraina. Lokasi serangan itu berada di bagian selatan wilayah Odesa.    

Sebagaimana yang diberitakan LKBN Antara, Senin (4/9/2023), Komandan Militer Selatan Ukraina mengatakan melalui media sosial bahwa sedikitnya dua orang sipil terluka dalam serangan pada pagi hari ke fasilitas yang mereka sebut "infrastruktur sipil Danube."

Serangan ini terjadi sebelumnya Presiden Rusia  Vladimir Putin danPresiden Turki Tayyip Erdogan melangsungkan pembicaraan di daerah wisata milik Rusia di Laut Hitam, Sochi.

Sementara berdasarkan laporan Reuters, otoritas Ukraina tidak menjelaskan lebih jauh fasilitas apa yang diserang. Angkatan Udara Ukraina, sistem pertahanan udara mereka berhasil menembak jatuh 22 dari 25 drone buatan Iran yang diluncurkan Rusia.

Ukraina adalah penghasil utama biji-bijian dan minyak nabati di dunia. Gangguan ekspor akibat perang pada Februari 2022 membuat lonjakan harga pangan dunia mencapai rekor tertinggi.

Pelabuhan Danube menjadi jalur utama ekspor biji-bijian Ukraina sejak Juli tahun ini ketika Rusia meninggalkan kesepakatan yang ditengahi PBB dan Turki untuk membuka jalur yang aman bagi ekspor biji-bijian dan minyak nabati melalui Laut Hitam.