Rusia Serang Ukraina, Rumania Sebut Pelanggaran Wilayah

Pejuang kelompok tentara bayaran Wagner mengibarkan bendera Rusia dan kelompok Wagner di atas sebuah bangunan di lokasi yang tidak dikenal dalam gambar diam ini diperoleh dari video yang dirilis pada

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rusia kembali menuerang Ukrania. Setelah menarik diri dari perjanjian gandum Laut Hitam pada pertengahan Juli, Rusia mulai menyerang pelabuhan dan gudang Ukraina di tepi sungai Danube yang berseberangan dengan Rumania.

Rumania salah satu anggota NATO. Sementara sungai itu menjadi jalur alternatif utama bagi ekspor Ukraina.

Namun serangan tersebut diduga Rumania telah melanggar batas wilayah. Radar militer Rumania mendeteksi kemungkinan pelanggaran terhadap wilayah udaranya selama serangan pesawat nirawak (drone) Rusia semalam terhadap infrastruktur sipil Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rumania pada Sabtu (30/9/2023).

Serang itu menyisakan sejumlah kepingan yang diduga merupakan drone Rusia ditemukan di wilayah Rumania tiga kali secara terpisah pada bulan ini. 

Temuan itu dianggap sebagai risiko keamanan bagi NATO yang memiliki komitmen pertahanan bersama.

"Sistem pengawasan radar Angkatan Darat Rumania menemukan kemungkinan pelanggaran wilayah udara nasional tanpa izin, di mana sebuah sinyal terdeteksi pada rute menuju Kota Galati," kata Kemhan Rumania mengutip Antara.

Kementerian itu menambahkan bahwa tim pencari telah dikerahkan.

"Sampai saat ini belum ada benda jatuh yang teridentifikasi di wilayah nasional. Pencarian akan dilanjutkan hari ini," kata mereka.

Meski demikian pejabat NATO dan Rumania mengatakan tidak ada bukti bahwa serangan Rusia di dekat perbatasan merupakan serangan yang disengaja terhadap Rumania.

Tetapi mereka tetap beranggapan serangan itu sembrono dan mengganggu stabilitas.

Sumber: Reuters