Indonesia vs Turkmenistan, Erick Thohir Singgung Regenerasi Pemain Timnas

Erick Thohir (hitam) - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memuji penampilan Timnas Indonesia saat mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9) malam.

Erick menilai Jordi Amat, dkk. mampu menjaga kembali tradisi kemenangan sekaligus target meraih poin demi menaikkan peringkat FIFA.

"Terus terang pertandingan yang tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi pemain yang bisa meraih tradisi kemenangan lagi," ucap Erick Thohir.

Indonesia unggul pada menit ke-18 melalui gol cantik Dendy Sulistyawan lewat tendangan voli dari luar kotak penalti. 

Bahkan di tengah tekanan lawan yang ingin menyamakan kedudukan, Indonesia kembali mengejutkan. Di masa injury time, Egy Maulana Vikri mencetak gol setelah menerima umpan dari Stevano Lilipaly.

"Meski menang, laga tadi memberikan pelajaran tentang pentingnya kerapatan generasi pesepakbola kita, terutama untuk mendukung timnas," lanjut Erick.

"Karena itu turnamen elite pro untuk suplai timnas, hingga pembinaan di U-17, hingga U-15 sangat penting agar kita bisa membangun timmas yang tangguh. Ini momentum emas untuk memajukan timnas kita ke level di atas SEA Games," tegasnya.

Dengan kemenangan itu, peringkat Indonesia di ranking FIFA diprediksi naik hingga tiga tangga dengan menambah, 5 41 poin. 

Hal ini penting untuk menaikkan moral dalam persaingan di kualifikasi Piala Dunia 2026. Apalagi di laga FIFA Matchday terakhir melawan Argentina, posisi Indonesia di peringkat FIFA turun satu strip.

Sumber: PSSI