2 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang pada matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1) - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Meski kalah dari Jepang pada matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, namun peluang Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar belum sepenuhnya tertutup.

Skuad Garuda masih bisa melaju ke fase gugur lewat jalur peringkat tiga terbaik. Saat ini, Indonesia bertengger di urutan keempat dalam klasemen sementara peringkat tiga terbaik.

Di atas Indonesia ada Palestina dan Suriah yang sudah memastikan diri sebagai dua dari peringkat tiga terbaik dengan sama-sama meraih 4 poin dan di bawah peringkat tiga Bahrain dengan 3 poin dan selisih gol -1.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu punya dua skenario untuk lolos ke babak 16 besar. Pertama, Indonesia berharap pesaing terdekatnya Bahrain kalah dengan selisih minimal 3 gol dari pemuncak Grup E Yordania.

Jika skenario ini terjadi, maka posisi Indonesia di empat besar klasemen peringkat tiga terbaik akan aman karena Bahrain akan memiliki 3 poin dengan selisih gol -4 atau selisih gol yang lebih buruk.

Pertandingan Yordania vs Bahrain pada matchday terakhir Grup E akan digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Kamis (25/1) malam.

Untuk skenario kedua, Asnawi, dkk. berharap dari salah satu tim Grup F, Oman gagal memetik poin penuh kala menjamu Kirgizstan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (25/1) malam.

Skenario ini akan membuat Indonesia aman di posisi empat besar klasemen sementara karena Oman tidak akan memiliki poin yang lebih baik dari Timnas Indonesia.

Untuk melenggang ke babak 16 besar, satu skenario tersebut harus terwujud demi memutus rekor buruk selalu gagal lolos dari babak fase grup dari empat edisi yang telah diikuti yaitu 1996, 2000, 2004, dan 2007.