Trofi Baru Liga 1, Terbuat dari Tembaga Berlapis Perak

Desain trofi Liga 1 2022/23 - (screenshot video LIB)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PSM Makassar akan menerima trofi Liga 1 setelah memastikan juara pada musim ini. Seremoni penyerahan piala dijadwalkan digelar di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), Parepare, Minggu (16/4) malam.

Pada musim ini, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) memperkenalkan trofi baru Liga 1. Trofi tersebut menggunakan bahan dasar tembaga dan kuningan berlapis perak, dan tambahan batu mulia di bagian depan piala.

LIB menjelaskan lewat video di instagramnya, trofi Liga 1 bertaburkan makna disetiap bagiannya. Salah satu yang mencolok ialah bagian samping kiri-kanan piala yang berbentuk kepala garuda.

“Lambang negara Indonesia yang secara langsung mempunyai makna Bhineka Tunggal Ika, serta detail-detail yang lain yang melambangkan kebaikan dan kemajuan untuk sepakbola Indonesia,” bunyi pesan dalam video tersebut.

Sejak konsep Liga Indonesia diperkenalkan secara resmi pada 1994 untuk menggabungkan Perserikatan dan Galatama, trofi kompetisi kasta tertinggi Indonesia itu terus berubah model.

Awalnya, Liga Indonesia mendapatkan sponsor Dunhill. Pialanya juga diberti nama sesuai sponsor, yang bentuknya menyerupai trofi Piala Dunia dengan tambahan sayap di atasnya.

Saat sponsor beralih ke Kansas, kompetisi disebut Liga Kansas. Dan, model piala kembali berubah. Kemudian terus berlanjut ke Liga Bank Mandiri, Liga Reebook, dan Liga Djarum.

Semua kompetisi tersebut juga memiliki piala sendiri yang berganti tergantung sponsornya.