Shin Tae-yong Sesumbar Timnas Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia

Shin Tae-yong - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan timnya dapat bersaing di Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April sampai 3 Mei 2024 mendatang, setelah lolos ke putaran final untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Hal itu dikatakan Shin Tae-yong setelah timnya menang 2-0 atas Turkmenistan pada laga pamungkas Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9).

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ivar Jenner pada menit ke-40, dan Pratama Arhan pada menit ke 90+2.

“Saya berani bicara, kita cukup bisa bersaing di Piala Asia (U-23 2024) nanti,” kata Shin.

Keyakinan itu, kata pelatih asal Korea Selatan ini, dengan sebuah catatan yaitu pemain-pemain Indonesia yang memperkuat klub luar negeri, Elkan Baggot (Ipswich Town), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy) mendapatkan izin dari klub-klubnya untuk membela Garuda Muda pada periode tersebut.

“Masalahnya hanya seperti Ivar, Rafael, Elkan atau Arhan, pemain abroad apakah bisa dilepas klub atau tidak? Itu yang sangat penting di April tahun depan nanti. Jika bisa dipanggil semuanya, saya berani dan yakin menerima tantangan agar tampil lebih baik lagi,” kata Shin menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, pelatih yang ditunjuk melatih Timnas Indonesia pada Januari 2020 itu mengatakan puas dengan permainan anak-anak asuhnya meskipun ada beberapa peluang yang disia-siakan.

“Secara keseluruhan memang isi pertandingan sangat baik, jadi saya ingin memberikan pujian kepada para pemain. Hanya yang disayangkan, ada beberapa peluang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, seperti peluang Rafael dan lainnya,” ujar Shin.

“Tetapi setelah itu para pemain bermain seperti yang kami inginkan, jadi di pertandingan ini kami memang bermain sangat baik,” katanya lagi.

Timnas U-23 Indonesia menyelesaikan dua laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan sempurna, meraih dua kemenangan dari dua laga, mencetak 11 gol, dan tanpa kebobolan gol.

Dari dua laga ini, kolektivitas gol Indonesia terbagi rata yang artinya semua pemain dapat mencetak gol dan tidak tergantung pada kemampuan striker.

Hal itu terbukti dari 11 gol yang ada dicetak oleh sembilan pemain, yaitu Marselino Ferdinan (2 gol), Pratama Arhan (2 gol), Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ivar Jenner, Elkan Baggot, Ilham Rio Fahmi, dan Hokky Caraka.

Kemenangan dan lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia U-23 2024 menjadi catatan tersendiri bagi Shin. Pasalnya, sejak melatih timnas tiga tahun yang lalu, pelatih berusia 52 tahun itu juga menorehkan catatan positif lainnya, seperti sebelumnya membawa dua level timnas ke Asia, tepatnya membawa timnas senior ke Piala Asia 2023 dan membawa timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Torehannya itu yang membawa tiga level timnas lolos ke turnamen Asia melalui jalur kualifikasi dan tanpa jalur tuan rumah, menurutnya adalah bukti bahwa sepakbola Indonesia telah berkembang lebih baik.

Sumber : ANTARA