Team Celcius dari Manado Menang Liga eSport di Makassar

Peserta Liga eSport Dunia Games League di Makassar / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, MakassarTelkomsel melalui Dunia Games menggelar Liga eSport tingkat pemula terbesar di Indonesia yakni Dunia Games League. Turnamen ini diselenggarakan di 141 kota/kabupaten seluruh Indonesia dan diikuti kurang lebih 4.500 tim.

Untuk sampai ke tahap Grand Final, para peserta harus melewati 3 tahap sebelumnya yaitu Cities Qualifier, Regional Qualifier, dan National League.

Telkomsel menggelar liga ini untuk mencari bakat gamers di daerah dengan sistem offline, sehingga gamers yang berada di luar kota besar yang ada di Sulawesi kini memiliki wadah dan kesempatan untuk mengawali petualangan eSport mereka.

Hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang mengikuti kompetisi pada tahap Cities Qualifier di Sulawesi sebanyak 480 tim atau 2.880 pemain.

Untuk di Sulawesi, turnamen ini telah sampai pada tahap Regional Qualifier dimana kompetisi tersebut dilaksanakan di GIX Battle Arena, Makassar. Sebanyak 15 tim yang telah menjadi juara di masing-masing kota/kabupaten di Sulawesi ini memperebutkan 1 tiket untuk bisa bertanding di tingkat nasional.

Pada tingkat nasional seluruh tim pemenang dari Regional Qualifier akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara di Grand Final. Tahap Grand Final sendiri akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 di Dunia Games Esports Stadium, Jakarta.

Sebanyak 15 tim terbaik di Sulawesi adalah GODs eSport (Luwuk), Gorontalo Army (Gorontalo), Angry Sword (Baubau), VIP (Kendari), NKID (Ternate), Leppe 1 (Kolaka), Andromeda (Bitung), Team Celcius (Manado), Baby Gaming (Watampone), CBC (Polewali Mandar), NEXUS ESPORT (Parepare), Smanet Esports (Palopo), Trojan Squad (Pangkajene), MLVM (Makassar), dan Sans Glory (Gowa).

Setelah pertandingan yang cukup ketat, Team Celcius dari Kota Manado berhasil menjadi juara 1 di tahap Regional Qualifier ini. Team tersebut berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp 5 juta dan masing-masing pemain mendapatkan 3.000 diamond.

Selanjutnya untuk bisa masuk ke tahap Grand Final, Team Celcius akan bertanding dengan 12 tim pemenang Regional Qualifier lainnya di tahap National League dimana akan ditentukan 4 tim terbaik yang akan berlaga di Grand Final.

General Manager Digital Product Area Expansion Pamasuka, Franky Tumbelaka, dalam rilisnya mengatakan bahwa menghadapi perkembangan industri eSport di Indonesia, Dunia Games hadir untuk menjadi pendukung utama bagi industri ini melalui ajang Liga eSport Dunia Games. Ajang ini dihadirkan untuk memberikan wadah masyarakat yang mencintai game dan eSport serta sebagai salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia.

“Layanan game online akan memerlukan standar jaringan yang sangat bagus dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah. Untuk itu kami selalu meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE untuk memastikan stabilitas layanan data sehingga para gamers dapat menikmati game online dengan nyaman. Hingga saat ini lebih dari 60 juta pengguna Telkomsel dari 90 juta pemain telah aktif yang bermain mobile games secara online di Indonesia,” tambah Franky.

Telkomsel juga telah menyiapkan hadiah yang sangat besar pada turnamen Dunia Games League ini. Tidak tanggung-tanggung total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 1 miliar.

“Melalui Liga ini, di samping berkompetisi, kami ingin para gamers di Indonesia juga saling berinteraksi dan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang eSport,” tutup Franky.(*)