Bontoharu Fishing Tournament Bakal Diramaikan Pemancing Internasional di Selayar

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pemerintah Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, akan menggelar kembali fishing tournament, dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni setiap tahun.

Fishing tournament atau turnamen memancing ini akan digelar pada 1-2 Juni 2024. Demikian diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Andi Batara Gau, SE.

Camat Bontoharu, Andi Batara Gau mengungkapkan ratusan pemancing (angler) telah mendaftarkan diri dalam turnamen tersebut.

Turnamen ini bakal diramaikan pemancing internasional dari Rumania. Bahkan kata Andi Batara, empat Bupati di Indonesia juga telah mendaftarkan diri yakni Bupati Ngawi, Bupati Pacitan, Bupati Selayar, Bupati dan Sekda Bulukumba. 

"Untuk peserta lainnya itu berasal dari Makassar, Jakarta, Sinjai, Bantaeng, Bone, Takalar dan Selayar sebagai tuan rumah," terangnya, Senin (20/5).

Dikemukakan, lomba yang bertajuk Bontoharu Fishing Tournament II ini diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Bontoharu, dan masyarakat Selayar pada umumnya, sekaligus mempromosikan keindahan alam serta potensi perikanan di Bumi Tanadoang. 

Pendaftaran dan registrasi masih dibuka hingga 31 Mei mendatang. Andi Batara Gau mengungkapkan hadiah turnamen ini berupa uang tunai, trofi, piagam dan alat pancing.

Turnamen tersebut mensyaratkan peserta dalam tim   maksimal empat orang, dengan mempersiapkan alat pancing dan perahu yang akan digunakan sendiri. 

Ajang ini rencanannya digelar di perairan Bontoharu, dimana peseta akan dilepas oleh Bupati Selayar, Basli Ali pada 1 Juni dan finis serta penimbangan hasil tangkapan pada 2 Juni.

Batara sapaan akrab Camat Bontoharu berharap turnamen ini bisa berkontribusi pada perekonomian masyarakat Selayar khususnya yang berada di kecamatan Bontoharu dan menjadikan wisata memancing sebagai salah satu sumber pariwisata andalan yang akan berkontribusi pada perbaikan kehidupan perekonomian masyarakat setempat.

"Oleh Pemerintah Kecamatan Bontoharu, turnamen ini adalah kali kedua kami laksanakan, namun untuk skala Kabupaten fishing tournament dilaksanakan sejak Tahun 2009 kemarin," tutup Batara Gau.