Arjen Robben Putuskan Gantung Sepatu

Arjen Robben / foto: Twitter Bayern Munich

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Arjen Robben resmi mengakhiri karir sepakbola profesionalnya setelah kontraknya bersama Bayern Munchen berakhir pada 30 Juni 2019. Ia sempat dikabarkan didekati sejumlah klub, namun Robben memilih pensiun alias gantung sepatu.

"Saya sudah berpikir matang-matang dalam beberapa pekan terakhir. Seperti yang sudah diketahui, saya mengambil keputusan dan mengumumkan masa depan saya usai laga terakhir saya bersama Bayern Munchen,” kata pemain berusia 35 tahun itu dalam pernyataan resminya pada Kamis (4/7/2019).

“Dan saya sudah memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional," tambahnya.

"Tak diragukan lagi ini adalah keputusan paling sulit yang pernah saya buat dalam karier saya. Sebuah keputusan yang membuat 'hati' dan 'pikiran' beradu," ucapnya dilansir dari Bola.net.

Pemain kelahiran Bedum, Belanda, itu mengakui bahwa seiring dengan bertambah usianya, fisiknya pun sudah tak lagi mampu dipacu secara maksimal.

"Saat ini saya fit dan sehat, sebagai penggemar dari banyak olahraga lainnya saya ingin menjaganya di masa depan. Saya memang akan berhenti, tapi memang sebaiknya seperti itu," tukasnya.

Manajemen Bayern mengucapkan terima kasih kepada Robben atas segala dedikasinya selama ini.

"Salah satu karir paling menakjubkan di dunia sepakbola dunia telah berakhir, tapi legenda hidup selamanya.
TERIMA KASIH UNTUK SEGALANYA, ARJEN!" tulis Bayern Munchen.

Dia juga merupakan bagian dari tim nasional Belanda dan telah tampil di Euro 2004, Piala Dunia FIFA 2006, Euro 2008, Piala Dunia FIFA 2010, Euro 2012 dan Piala Dunia FIFA 2014.

Robben mengawali karir sepakbolanya bersama PSV Eindhoven dan telah membela sejumlah tim dari berbagai liga. Ia pernah membela Chelsea dan mempersembahkan sejumlah tropi seperti Jaura Liga Inggris dua kali, FA Cup 1 kali, dan Piala Liga dua kali.

Pindah ke Real Madrid, Robben mengangkat Piala La Liga 1 kali pada musim 2007-2008. Setelah itu, ia hengkang ke Bayern Munchen, tim yang dibelanya selama 10 tahun hingga memutuskan gantung sepatu.

Robben membawa Munchen memenangkan Bundesliga (dua kali) dan Liga Champions pada musim 2012/2013. 
Selain itu, Robben merupakan bagian dari tim nasional Belanda dan telah tampil di Euro 2004, Piala Dunia FIFA 2006, Euro 2008, Piala Dunia FIFA 2010, Euro 2012, dan Piala Dunia FIFA 2014.

Pada Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan, Robben membawa Belanda di posisi Runner-up.