Naturalisasi Disetujui, Maarten Paes Sudah Hafal Lagu Indonesia Raya

Ketum PSSI Erick Thohir dan Maarten Paes - (foto by @maartenpaes/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Calon kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes sudah mulai mempelajari Pancasila dan juga menghafalkan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal ini dikatakan Paes saat ia menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Ad Interim Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terkait permohonan pemberian kewarganegaraan RI pada dirinya dan dua rekannya yang lain, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (8/3).

“Pertama-tama saya ingin bersyukur memiliki kesempatan ini. Terima kasih untuk semua orang yang bekerja di belakang layar. Saya sungguh kagum dengan hangatnya masyarakat Indonesia, sejak hari pertama di sini saya merasa seperti di rumah sendiri,” kata Paes melalui video conference.

“Saya ingin mempelajari budayanya dan belajar Bahasa Indonesia secepatnya. Saya sudah belajar pancasila, saya sudah belajar Indonesia Raya. Masih banyak lagi yang akan datang, dan saya hanya berharap bisa berada di sana (Indonesia) secepat mungkin,” katanya.

Paes sendiri merupakan kiper kelahiran Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Pemain 25 tahun itu memiliki darah Indonesia dari kakek dari garis keturunan ayahnya yang lahir di Pare, Jawa Timur.

Kini, Paes membela klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, FC Dallas dan telah memainkan 72 laga bersama timnya tersebut.

Adapun, permohonan naturalisasi Paes, Thom, dan Ragnar telah disetujui oleh Komisi X dan III DPR RI untuk kemudian proses naturalisasi ketiga pemain tersebut akan dibawa ke rapat paripurna untuk diambil keputusan.

Setelah rapat paripurna, ketiga pemain itu akan menjalani sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI) di Kementerian Hukum dan HAM.

Sumber: ANTARA