Fakta Menarik, Tiga Top Skorer Liga Inggris Berasal dari Afrika

Peraih sepatu emas Liga Inggris musim 2018/2019

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Gelaran Liga Inggris telah usai dengan Manchester City sebagai kampium. City mempertahankan gelar juara yang menutup musim ini dengan poin 98, selisih 1 poin dari Liverpool.

Musim ini ada tiga pemain yang menorehkan total gol sama, yaitu 22 gol. Mereka adalah duo penyerang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah, serta striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Mohamed Salah kembali meraih sepatu emas, penghargaan yang juga diraihnya pada musim lalu meski pada laga terakhir tidak mencetak gol. Sedangkan Sadio Mane menemani Salah sebagai pemain tersubur setelah mencetak dua gol ke gawang Wolves pada laga terakhir, Minggu (12/5/2019) malam lalu.

Catatan khusus adalah ketiga pemain tersubur Liga Inggris ini berasal dari Benua Afrika. Mohamed Salah adalah pemain asal Mesir. Sementara Sadio Mane berasal dari Senegal. Pemain ini lahir di Sedhiou pada 10 April 1992 (usia 27 tahun).

Pierre-Emerick Aubameyang juga berasal dari Afrika yang bernama Republik Gabon. Sejatinya, Pierre-Emerick Aubameyang lahir di Laval, Perancis, 18 Juni 1989, namun ia tetap mengingat negaranya dan menjadi bagian dari tim nasional Gabon.

Nama Republik Gabon mungkin masih asing. Ini adalah sebuah negara di Afrika bagian barat. Menariknya, hari kemerdekaan Republik Gabon sama dengan Indonesia, 17 Agustus, menurut Wikipedia.

Gabon memiliki kekayaan mineral cukup banyak sedangkan jumlah penduduknya relatif kecil. Karena kandungan buminya, Gabon dikenal sebagai salah satu negara kaya di Afrika.