Tanpa Dukungan Pemerintah, PBSI Sulsel Tetap Kirim Atlet ke Piala Presiden

Latihan atlet bukutangkis PBSI Sulsel di GOR Sunu Kompleks Unhas, Rabu (27/7) malam - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Selatan akan mengirimkan 13 atletnya untuk mengikuti turnamen Piala Presiden di Jakarta pada tanggal 1-6 Agustus 2022.

Sebanyak 13 atlet ini nantinya akan bertanding dalam 11 kelas yakni kelas tunggal anak-anak putra dan putri, kelas tunggal dan ganda pemula putra dan putri serta kelas tunggal dan ganda remaja putra putri serta ganda campuran remaja.

Pengurus PBSI Sulsel, Kusnadi Tetta mengaku seluruh atletnya telah siap mengikuti turnamen tersebut. Namun ia dan para atletnya terus melakukan pemantapan tim demi meraih hasil yang maksimal.

"Jadi untuk persiapan Piala Presiden pekan depan, Insya Allah kita sudah siap, untuk menghadapi Piala Presiden tanggal 1 hingga 6 Agustus nanti, sekarang tinggal pemantapan, memperbaiki dan apa-apa yang kurang misalnya dari segi perlengkapan," ujar Kusnadi Tetta saat ditemui CELEBESMEDIA.ID di GOR Sunu Kompleks Unhas, Jalan Sunu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Rabu (27/7/2022) malam.

Adapun segala persiapan yang dilakukan, kata Kusnadi Tetta, adalah pengurus PBSI menyiapkan akomodasi berupa tiket, transportasi dan penginapan untuk para atletnya yang akan berlaga di Jakarta.

"Perlengkapan dalam hal ini untuk fasilitas-fasilitas ini (akomodasi berupa tiket, transportasi dan penginapan) diakomodir sama pengurus PBSI Sulawesi Selatan," bebernya.

Terkait dukungan Pemerintah Provinsi baik berupa moral atau materi dirinya mengungkapkan, belum ada hingga saat ini. 

"Kalau pemerintah saya kira belum begitu mengetahui pasti apakah ada support atau sumbangsih. Sebab yang menyiapkan semuanya masih pengurus PBSI Sulawesi Selatan," tuturnya.

Saat ditanya apakah ada komunikasi dengan Dispora Sulsel terkait dukungan untuk mengikuti turnamen ini. Dia mengaku hal itu dilakukan oleh Ketua PBSI. Namun sebagai pengurus ia belum mengetahui pasti apakah ada dukungan atau tidak.

"Karena kami hanya melakukan persiapan-persiapan atlet bagaimana bisa tampil bagus pada ajang Piala Presiden ini," ungkapnya.

Meski segala persiapan ditanggung sendiri, Kusnadi juga menuturkan pihaknya tetap bertolak ke Jakarta pada Sabtu (30/7/2022) sore.

"Harapan saya sebagai pelatih dan pendamping atlet yang berangkat, semoga anak-anak tampil maksimal, main sebaik mungkin, jangan dibebani oleh target, yang jelas main saja dulu dan perlihatkan PBSI Sulsel bisa juga diperhitungkan di kancah nasional," tutupnya.

Laporan: Rusmawandi Rara