MXGP Digelar di Sumsel Juli Mendatang, Sadikin Aksa dan Gubernur Teken MoU

Ketua PP IMI, Sadikin Aksa (kiri), usai teken MoU dengan Gubernur Sumsel, Herman Deru / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, Palembang - Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) akan digelar di Pusat Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, pada tgl 6-7 Juli 2019.

Kepastian gelaran bergengsi  itu ditandai dengan penadatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Sadikin Aksa, dan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di Kantor Gubernur, Palembang, Senin (27/5/2019).

Tahun lalu, kegiatan yang diikuti pembalap dari 30 negara itu digelar di Pangkal Pinang dan Semarang. Tahun 2019 ini kegiatan MXGP yang prestius itu dipindahkan ke Palembang guna memperluas sosialisasi event Kejuaraan Otomotif Dunia di berbagai wilayah di Indonesia

Sadikin Aksa mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara optimal oleh IMI bersama pemerintah untuk memacu akselerasi perekonomian dan pariwisata daerah.

Betapa tidak, jika satu kegiatan semacam MXGP ini digelar, paling minim eksposur daerah tersebut sudah menyebar ke seluruh dunia, terutama di kalangan pencinta olahraga balap motocross

“Mereka yang datang dari negara lain itu baik sebagai tim balap dan sponsornya maupun penonton sekaligus pelancong akan membawa devisa masuk ke negara kita,” katanya.

Dari sisi domestik, tambah CEO Bosowa Corporindo yang juga pembalap mobil itu, puluhan tibu orang dari seluruh penjuru tanah air akan berdatangan menonton. “Meraka pasti membelanjakan uangnya, beli tiket, sewa hotel, transpor lokal, makan, sampai laundry ikut kebagian rejeki, sehingga ekonomi lokal berputar dinamis,” ujar Sadikin.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik dan sangat antusias menyukseskan event ini. Sirkuit pun dibenahinya sejak enam bulan silam. Apalagi daerah ini baru saja mendapat kehormatan menjadi saah satu kota penyelenggara Asian Games bersama Jakarta.(*)