Alasan keamanan, PT LIB Tunda Laga Persipura vs Bali United

Kerusuhan yang terjadi di Jayapura, Kamis (29/8/2019) - (foto by bbc.com)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Pertandingan Liga 1 2019 antara Persipura Jayapuravs Bali United di Stadi n Mandala, Minggu (1/9/2019) mendatang, dipastikan ditunda karena kondisi keamanan di Jayapura yang tidak menentu. Hal tersebut disampaikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) lewat rilis resminya.

Laga tersebut awalnya dijadwalkan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, pada Minggu (1/9/2019) mulai pukul 13.30 WIB. "Penundaan murni dikarenakan situasi yang kurang ideal. Hal ini sudah kami koordinasikan secara langsung dengan pihak Persipura," ucap manajer kompetisi PT LIB Asep Saputra seperti dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNNIndonesia.

Kondisi Jayapura masih mencekam pasca aksi unjuk rasa yang berujung rusuh dari Kamis (29/8/2019) kemarin. Unjuk rasa tersebut menyebabkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja hingga Jayapura. "Berikutnya PT LIB akan segera mengatur jadwal laga tunda tersebut dengan menyesuaikan agenda pertandingan yang akan dilakoni kedua tim di Liga 1 2019," demikian pernyataan resmi PT LIB.

Bali United kini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2019 dengan torehan 40 poin. Dalam lima laga terakhir tim besutan pelatih Stefano 'Teco' Cugurra itu selalu mendulang kemenangan.

Sementara itu, Persipura terus menunjukkan tren positif. Dalam empat laga terakhir, Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang. Hingga pekan ke-16 Liga 1 2019, Persipura menduduki peringkat ke-9 dengan koleksi 20 poin. Kebangkitan Persipura tidak lepas dari kembalinya Jacksen F. Tiago, pelatih yang membawa tim Mutiara Hitam tiga kali juara Liga Indonesia.