Celebes Filanesia Football Academy Launching Nama dan Logo, Ini Filosofinya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Celebes Olahraga Indonesia (Celebes Sport) dan Filanesia Manajemen resmi melaunching nama dan logo Celebes Filanesia Football Academy di Bosowa Sport Center (BSC), Jalan Teukur Umar, Rabu (27/3/2024) sore.

Launching nama dan logo ini langsung dihadiri oleh Direktur Utama Celebes Olahraga Indonesia, Andi Suruji, dan Direktur Filanesia Manajemen, M Arif Rijal.

Logo dari Celebes Filanesia football academy ini kata direktur utama Celebes Olahraga Indonesia, Andi Suruji memiliki 3 unsur utama yang sarat akan makna mendalam. Terdiri dari, Isi (Saripati), Warna dan Bingkai.

Filosofi Logo Celebes Filanesia Football Academy

1. Isi (Saripati/Esensi)

Isi dari logo tersebut terdiri dari gambar bola dan pinisi, yang masing-masing memiliki makna tersendiri, gambar BOLA merepresentasikan identitas organisasi yang mengurus dan mengelola sepakbola. Serta tulisan CELEBES FILANESIA FOOTBALL ACADEMY yang menyatu dalam BINGKAI menyerupai piala.

Sedangkan untuk gambar Pinisi, merepresentasikan karya agung dan prestasi puncak budaya bangsa Sulawesi Selatan yang tangguh mengarungi samudera menaklukan gelombang dan badai (yang diartikan sebagai tantangan).

Tulisan CELEBES, merupakan sebutan nama tanah pulau Sulawesi yang melahirkan banyak legenda sepakbola, seperti Ramang yang mencapai prestasi dunia, dan nama perusahaan bidang olahraga.

Tulisan Filanesia, merupakan kosakata akronim dari Filosofi Sepak Bola Indonesia sekaligus nama organisasi perusahaan  (Filanesia Manajemen) yang melahirkan Academy.

Tulisan FOOTBALL ACADEMY menjelaskan Visi dan Misi institusi dan organisasi Celebes-Filanesia untuk membina dan mengembangkan atlet sepakbola usia dini yang bercita-cita berkontribusi secara signifikan pada kemajuan sepakbola nasional.

Tulisan 2023 menandakan tahun lahirnya academy.

2. Warna

Terdiri dari 3 warna yaitu Merah, Putih dan Hitam yang tentunya masing-masing diantaranya memiliki makna tertentu.

Merah memiliki makna keberanian dan jiwa petarung anak-anak (Pemuda) Bugis Makassar yang berprinsip siap berkeringat dan berdarah-darah untuk mengejar cita-cita dan prestasi.

Warna Putih memiliki makna tentang kesucian, kejujuran atau sportivitas, yang wajib dijunjung tinggi oleh setiap insan Celebes-Filanesia.

Warna Hitam memiliki makna tentang kedalaman ilmu, kesabaran, ketabahan, dan ketajaman intuisi sepakbola.

3. Bingkai

Bingkai Piala merepresentasikan spirit setiap insan Celebes-Filanesia yang gigih mengejar prestasi tinggi, karena hanya prestasi puncak yang pantas mengangkat Piala.

Selain melakukan launching logo dan nama Celebes Filanesia Football Academy juga akan dilakukan pertandingan uji coba antara Filanesia Academy dan Bank Sulselbar U-17.