Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Belum Bisa Tampil di Piala Asia

Jay Idzes resmi jadi WNI - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jay Idzes telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12).

Proses naturalisasi Idzes pun berlangsung singkat. Pada awal Desember ini Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner.

Mereka semua yang sudah menjadi WNI, kini sudah bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan TC di Turki.

Jay merupakan pemain belakang yang lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda. Pria berpostur 191 cm ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Setelah jadi WNI, Jay Idzes mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” kata Idzes.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung mengurus KTP dan paspor.

Meski sudah menyandang status WNI, tapi Idzes belum bisa memperkuat Skuad Garuda di ajang terdekat yakni Piala Asia 2023.

Pasalnya, Jay belum termasuk dalam daftar nama yang diserahkan PSSI kepada AFC untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Turki.

TC akan dimulai dari tanggal 20 Desember hingga 6 Januari 2023. Kemudian bertolak ke Qatar untuk persiapan Piala Asia yang akan digelar pada 12 Januari sampai dengan 10 Februari 2024.