Celebes Olahraga Indonesia Kerjasama Filanesia Bina Pesepakbola Usia Dini

Penandatanganan kontrak antara Celebes Sport dan Filanesia di Bosowa Sport Center (BSC) - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Manajemen PT Celebes Olahraga Indonesia (COI) atau Celebes Sport menjalin kerja sama dengan Filanesia Manajemen untuk memajukan persepakbolaan nasional, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Naskah kerjasama tersebut ditandatangani Direktur Celebes Olahraga Indonesia, Andi Suruji, bersama M Arif Rijal selaku Direktur Filanesia Manajemen, Rabu (6/3/2024) di Bosowa Sport Center, Jalan Teuku Umar, Tallo, Makassar.

Kerjasama kedua entitas ekosistem sepakbola itu mencakup penyelenggaraan kegiatan (event) sepakbola dalam cakupan dan skala luas, serta pembinaan dan pengembangan kompetensi atlet sepakbola usia dini (13 hingga 17 tahun).

Pada kesempatan itu, dilakukan juga penandatanganan komitmen program pembinaan berupa pola Bapak-Anak Angkat antara donatur dan atlet bersama orang tuanya. Donatur akan membantu dan menanggung biaya latihan masing-masing anak yang diangkat.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pertandingan uji coba antara Filanesia Football Academy melawan SSB Bangau Putra.

Dalam sambutannya, Arif Rijal menyambut baik kerjasama ini, sehingga dirinya berharap pembinaan anak-anak usia dini lebih terprogram dengan baik.

Arif juga berterima kasih kepada manajemen Celebes Olahraga Indonesia yang bersedia bergandengan dengan Filanesia untuk kemajuan sepakbola di Makassar.

Sementara itu, Andi Suruji berharap anak-anak yang sedang mengikuti program pembinaan lebih termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya.

Dengan adanya kerja sama ini, Celebes Sport dan Filanesia, menurut Andi Suruji, berarti kita ada dalam ekosistem PSM. Semua kita, mulai dari manajemen, pelatih, atlet sampai orang tua harus lebih termotivasi untuk maju.

"Jelas arah tujuan kita, jelas target kita, sehingga kita harus lebih profesional dalam pengelolaan academy ini. Hanya dengan begitu, maka tujuan kerja sama ini, yakni berkontribusi positif untuk kemajuan sepak bola nasional dapat tercapai," ujarnya.

Celebes Sport merupakan entitas olahraga yang mengelola sport center dengan fasilitas lapangan sepakbola terbaik di Makassar, lapangan voli, basket, futsal, dan bulutangkis.

Filanesia Manajemen adalah manajemen event organizer (EO) yang selama ini telah banyak menggelar turnamen dan kompetisi sepakbola usia dini, baik skala lokal maupun nasional.

Filanesia juga membangun akademi sepakbola agar output dari kompetisi-kompetisi yang digelar secara berkala memiliki sarana untuk berkembang lebih lanjut.

Laporan: Riski