5 Fakta Timnas Burundi, Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Pemain Timnas Burundi - (foto by @burundi_national_team/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi dalam FIFA Matchday periode Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 24 dan 28 Maret 2023.

Dibandingkan Indonesia, Burundi jauh lebih baik berdasarkan ranking FIFA.

Berikut 5 fakta Timnas Burundi:

1. Sejarah Timnas Burundi

Timnas Burundi bergabung dengan Confederation of African Football (CAF) dan FIFA pada tahun 1972. Debut internasional mereka terjadi di Kualifikasi Piala Afrika 1976 melawan Somalia.

Timnas Burundi yang berjuluk Les Hirondelles atau The Swallows (Burung Walet) mengenakan jersey sesuai dengan warna benderanya yakni merah, hijau, dan putih.

2. Lebih Baik dari Indonesia

Timnas Burundi berada di atas Indonesia dalam tabel peringkat FIFA. The Swallows kini menduduki urutan 141, sementara Garuda Nusantara di posisi 151.

Ranking tertinggi Burundi di peringkat FIFA pernah mencapai urutan ke-93 pada Agustus 1993. Sedangkan peringkat terendah di posisi 160 pada Juli 1998.

Akan tetapi, Burundi tercatat sebagai tim papan bawah dalam ranking CAF atau zona Afrika. Mereka ada di urutan 42 dari 53 negara.

3. Pernah Tampil di Piala Afrika

Pada Piala Afrika 2019 lalu, Timnas Burundi yang berstatus debutan tergabung dalam Grup B bersama Madagaskar, Nigeria dan Guinea.

Kala itu mereka kalah di seluruh pertandingan fase grup, dan juga gagal mencetak gol.

4. Diperkuat 5 Pemain Jebolan Eropa

Menghadapi Timnas Indonesia, Burundi tercatat bakal diperkuat lima pemain yang pernah berkiprah di kompetisi Eropa. Mereka adalah Saido Berahino, Youssouf Ndayishimiye, Jospin Nshimirimana, Marco Weymans, dan Frederic Nsabiyumva.

Kapten Timnas Burundi saat ini, Berahino punya segudang pengalaman di Liga Inggris. Penyerang berusia 29 tahun itu membukukan 49 gol selama 10 tahun berkarir bersama West Bromwich Albion, Northampton, Peterborough, Stoke City, hingga Sheffield Wednesday.

4. Dihantui Rekor Buruk

Timnas Burundi hanya membukukan 3 kemenangan dari 10 pertandingan terakhir. Mereka kalah 6 kali dan sekali imbang.

Kekalahan teranyar tim yang ditukangi Etienne Ndayiragije didapat saat menghadapi Pantai Gading. Kala itu, Burundi kalah 4-0 dalam partai persahabatan November 2022.