Presiden Jokowi Janji Bangun Stadion di Makassar Tahun Ini

Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian dan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Impian masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki stadion sendiri bakal segera terwujud. Hal itu diutarakan oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin.

Sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, Pj Gubernur Sulsel menegaskan tahun ini akan segera dibangun stadion.

"Kami tadi sudah melaporkan ke bapak presiden, sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu dan tadi bapak presiden menjanjikan langsung tahun ini dibangun stadion di Sulawesi Selatan oleh Menteri PUPR," ujar Bahtiar, Kamis (22/2).

"Tadi saya diarahkan langsung oleh Beliau (presiden) silahkan disampaikan pada masyarakat Sulawesi Selatan, insya Allah aspirasi masyarakat Sulsel untuk memiliki sebuah stadion yang representatif insya Allah tahun ini akan dibangun," tambahnya.

Selanjutnya, Pj Gubernur Sulsel diarahkan untuk berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk menyiapkan lahan yang akan dibangun stadion

Rencananya lahan yang akan dibangun stadion berlokasi di sport center Sudiang, Jalan Pajjaiang, Sudiang Raya, Biringkanaya.

"Tugas saya menyiapkan lahan yang clear dan lahan yang sangat clear milik Pemprov sendiri adanya di Sudiang, Sport Center luasnya ada 75 hektar," terang Bahtiar.

"Lahan dibutuhkan sebenarnya cukup 10 hektar, tapi kami siapkan 20 hektar supaya kawasan itu benar-benar bisa menjadi kawasan stadion yang layak dan bisa digunakan untuk event berskala besar," tutupnya.

Sulawesi Selatan sebelumnya punya stadion kebanggaan yakni Stadion Mattoangin. Namun venue peninggalan PON ke-4 itu telah rata dengan tanah, dan pembangunannya tak lagi dilanjutkan.

Bahkan tim kebanggaan Sulawesi Selatan, PSM Makassar menjadi tim musafir karena tak memiliki stadion tetap. Kini, Pasukan Ramang harus bermarkas di Stadion Batakan, Balikpapan, karena homebase sebelumnya Stadion BJ Habibie, Parepare, juga direnovasi.