Timnas Esports CrossFire Sumbang Medali Perak di SEA Games 2023

Timnas esports Indonesia untuk nomor CrossFire usai pengalungan medali SEA Games 2023 di Naba Theatre, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (9/5/2023). (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhirnya tim esports Indoensia berhasil menyabet medali dalam SEA Games 2023 Kamboja

Timnas CrossFire Indonesia berhasil meraih medali perak. Medali ini merupakan medali pertama untuk Kontingen Merah-Putih di cabang olahraga esports, Selasa (8/5/2023).

Kepala Badan Timnas Esports PB Esports Indonesia (PBESI) Tjahjono Prasetyanto mengatakan meski hanya di posisi kedua dengan perolehan medali perak, namun capaian ini lebih baik dari prestasi di SEA Games ke-31 Vietnam tahun lalu. Saat itu Skuad Garuda hanya membawa pulang meraih medali perunggu di nomor pertandingan yang sama.

"Kita mengapresiasi atlet esports Indonesia yang sudah berhasil mendapatkan medali perak di nomor CrossFire pada SEA Games kali ini. Karena seperti yang kita ketahui, di SEA Games tahun lalu kita mendapatkan perunggu," ujar Tjahjono melansir Kantor Berita Nasional Antara, Selasa (9/5).

Tjahjo mengaku optimistis dengan tim esports lainnya dapat membawa medali sebanyak-banyaknya, termasuk medali emas dalam pesta.olajraga se-Asia Tenggara itu.

"Kita sangat optimistis untuk (nomor) Mobile Legends Women dan Men, serta PUBG untuk memperoleh emas," kata dia.

Adapun pada final CrossFire, tim Indonesia berhadapan dengan tim Vietnam, yang merupakan juara bertahan di SEA Games dalam babak final. 

""Soal kendala, mungkin dari segi mental. Jadi tadi segi mental mereka sudah kalah di sana, jadi 'arwahnya' seperti tidak ada di sini. Tekanannya cukup besar, mungkin sudah under pressure," ungkap pelatih.

SEA Games ke-32 Kamboja 2023 akan mempertandingkan sembilan nomor game pada cabang olahraga esport. Berdasarkan analis dan proyeksi peluang, Indonesia mengikuti enam nomor game.

Nomor-nomor game tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Putra, Mobile Legends: Bang Bang Putri, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire.