Rebecca Welch Bakal Jadi Wasit Perempuan Pertama di Liga Inggris

Rebecca Welch - (foto by Premiere League)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sejarah akan tercipta di Premier League pada Natal tahun ini, dengan Rebecca Welch menjadi wasit wanita pertama di kompetisi kasta tertinggi Negeri Elizabeth.

PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) telah mengumumkan bahwa Rebecca Welch akan memimpin Fulham vs Burnley pada Sabtu, 23 Desember mendatang.

Welch memulai kariernya sebagai wasit pada tahun 2010. Selain menjadi wasit, ia juga memiliki pekerjaan di National Health Service (NHS) Inggris.

Pada 2021, ia menjadi wasit perempuan yang ditunjuk untuk memimpin pertandingan di kompetisi strata keempat Inggris antara Harrogate vs Port Vale..

Selama kariernya, ia juga telah memimpin pertandingan-pertandingan terkenal di Women's Super League, sementara ia menjadi wasit pada final Piala FA Wanita 2017 dan 2020 di Stadion Wembley.

Welch juga menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan di Divisi Championship atau kasta kedua dan putaran ketiga Piala FA.

Pada November silam, Welch menjadi perempuan pertama yang bertindak sebagai ofisial keempat dalam pertandingan Liga Inggris sebagai bagian dari laga antara Fulham vs Manchester United.

Selain itu, Welch telah memimpin beberapa pertandingan perempuan bergengsi, termasuk pertandingan di Piala Dunia 2023 Putri.

Rebecca Welch

Welch, yang berasal dari Washington, Tyne and Wear, adalah wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan di babak ketiga Championship dan Piala FA, dan bulan lalu ia menjadi wanita pertama yang menjadi ofisial keempat dalam pertandingan Liga Inggris.

"Saya bermain sepak bola dan bahkan tidak berpikir untuk menjadi wasit sampai salah satu teman baik saya, yang merupakan seorang wasit, menjadi wasit kami," katanya dalam sebuah wawancara dengan Independent.

"Saya menghabiskan sepanjang pertandingan untuk mengatakan kepadanya bagaimana melakukan pekerjaannya! Tanggapannya adalah, 'Jika Anda pikir itu mudah, cobalah. Begitulah yang terjadi dan 10 tahun kemudian, di sinilah saya berada."