Peserta Kualifikasi Golf PON 2020 Mulai Berdatangan di Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Peserta kualifikasi PON 2020 untuk cabang olahraga golf yang akan digelar di Padi Valley Golf Club, 30-31 Juli 2019, mulai berdatangan di Makassar sejak Selasa malam.

Sejumlah pengurus PGI provinsi menyampaikan kepada panitia lokal, PGI Sulsel, mengenai jadwal kedatangannya ke kota Anging Mammiri, Selasa (23/7/2019).

Menurut penelusuran CELEBESMEDIA.ID, sejumlah daerah bahkan telah mengirimkan atletnya ke Makassar sejak awal bulan Juli untuk berlatih di lapangan Padi Valley dan Baddoka. Selain latihan, mereka juga sekaligus menjalani seleksi untuk mewakili daerahnya di ajang kualifikasi PON 2020 ini.

Pelaksanaan kualifikasi PON untuk cabang olahraga golf di Padi Valley, Gowa, Sulawesi Selatan ini, merupakan sejarah baru olahraga golf Tanah Air dan Sulawesi Selatan karena untuk pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa. Pesta olahraga PON 2020 sendiri akan digelar di Papua.

"Kami dari PGI Sulsel terus mengecek kesiapan panitia dan setiap saat berkoordinasi dengan Pengurus Besar PGI di Jakarta, guna memantapkan pelaksanaan acara nanti," ujar Ketua PGI Sulsel, Yunan Yunus Kadir, usai memimpin rapat koordinasi panitia, Selasa.

Menurut catatan panitia, sebanyak 32 pengprov telah memastikan keikutsertaannya dengan mendaftarkan atlet putra dan putri sebanyak 125 orang.

"Tetapi baru saja kami menerima informasi bahwa Kalimantan Utara juga akan ikut dengan mengutus 5 atau 6 atletnya. Sementara Lampung memastikan hanya mengirim satu orang," ungkap Wakil Ketua Panitia Suhardi, yang juga Sekretaris PGI Sulsel.

Dalam ajang kualifikasi ini, masing-masing provinsi mendapat kuota untuk mengirim empat atlet putra dan empat putri. Mereka akan bertarung falam nomor perseorangan putra-putri, beregu putra-putri, dan campuran.

Seluruh peserta akan memperebutkan sebanyak 65 jatah dari PB PGI untuk melaju ke Papua pada saat PON digelar tahun depan. Mereka mereka harus berjuang untuk membukakan skor tertinggi di masing-masing nomor pertandingan.