5 Fakta Menarik Ajax vs Tottenham di Semifinal Liga Champions

CELEBESMEDIA.ID - Ajax Amsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal Liga Champions 2019 di Johan Cruijff Arena, Kamis dini hari (9/5/2019). Jika mampu menumbangkan Tottenham, Ajax untuk pertama kalinya sejak 23 tahun terakhir akan menjejakkan kakinya di partai puncak kompetisi elit benua biru tersebut.

Ajax punya modal bagus pada laga nanti. Pasalnya, skuat asuhan Erik ten Hag itu sukses menang 1-0 atas Tottenham di Stadion Tottenham Hotspur pada leg pertama lalu.

Melawat ke markas Ajax, Tottenham mengusung misi sulit untuk mengejar defisit satu gol. Sedangkan De Godenzonen (julukan Ajax, red) hanya perlu bermain imbang untuk memastikan satu tiket tersisa ke final.

Berikut 5 Fakta Jelang Leg Kedua Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur dilansir CELEBESMEDIA.ID dari Football5star.com:

1. Hanya ada satu tim yang mengalami kekalahan di leg pertama semifinal Liga Champions di kandang, namun berhasil melaju ke babak final. Keberhasilan tersebut dilakukan oleh Ajax pada musim 1995 - 1996.

2. Son Heung-min, diskors pada leg pertama pekan lalu, berkontribusi 50 persen gol Spurs di babak gugur Liga Champions musim ini. 4 dari 8 gol Spurs dicetak oleh Son.

3. Ajax telah memainkan 17 pertandingan di Liga Champions musim ini, termasuk enam di kualifikasi. Dari 17 pertandingan, Ajax hanya mengalami sekali kekalahan saat dikalahkan Real Madrid 2-1 di babak 16 besar.

4. Akan menjamu Spurs di kandang, Ajax justru tidak memiliki rekor bagus saat bermain di kandang di Liga Champions musim ini. Skuat asuhan Erik Ten Hag gagal meraih kemenangan di tiga laga kandang terakhir mereka. Selain kekalahan dari Real Madrid, Ajax bermain imbang dengan Juventus di perempat final dan seri menghadapi Bayern Munich di laga terakhir fase grup.

5. Kekalahan kandang terberat Ajax dari tim Inggris terjadi 38 tahun yang lalu. Saat itu Ajax kalah 3-1 dari Spurs pada September 1981.