Bawaslu Sulsel Pastikan Logistik Pemilu dari Bahan Kardus Aman

Kotak suara dari bahan kardus / foto: Galamedia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel melakukan peninjauan logistik pemilu berupa bilik dan kotak suara berbahan kardus di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, kemarin siang, Selasa (18/12/2018). Hasil tinjauanya ini, Bawaslu Sulsel tak  mempermasalahkan logistik yang terbuat dari kardus itu.

KPU RI mengganti kotak suara yang sebelumnya berbahan alumunium menjadi berbahan kardus. Meski dari bahan kardus, kotak suara tersebut mampu menahan beban hingga 100 kilogram. Kotak suara ini memiliki dimensi panjang sekitar 40 cm, lebar 40 cm, dan tingginya 60 cm. Sisi kiri dan kanan kotak tersebut pun terdapat tulisan KPU. 

Hal ini menumbulkan polemik di tengah masyarakat yang mengkhawatirkan keamanan kotak suara berbahan kardus itu.

Kordinator Devisi Pengawasan  Bawaslu Provinsi Sulsel, Amrayadi, mengatakan bahwa pihaknya tak permasalahkan kotak berbahan kardus tersebut karena sudah diatur dalam UU PKPU Nomor 15 Tahun 2018. “Kotak suara ini juga aman karena kedap air,” kata Amrayadi.

Untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat dan meminimalisir kecurangan, Bawaslu Sulsel telah menyiapkan pengawasan extra ketat. untuk . Bawaslu bahkan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat melakukan kontrol dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti.

“Masyarakat jangan berfikir bahwa kotak tersebut mudah dirusak sehingga mudah terjadi kecurangan. Ayo, sama-sama kita melakukan pengawasan,” tegasnya.

Amrayadi menambahkan, kehadiranya ke KPU Makassar memastikan logistik pemilu yang berbahan karton itu tempat pemyimpannaya jauh lebih aman.