Makassar dan 11 Kabupaten di Sulsel Belum Rampungkan Rekapitulasi

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kota Makassar menjadi satu-satunya 'Kota' di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang belum merampungkan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024

Sementara 2 Kota lainnya seperti Kota Palopo dan Kota Pare-pare telah menyerahkan hasil rekapitulasinya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel bersama 10 Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sulsel.

Hingga kini pukul 13.00 WITA tercatat, baru 6 Kecamatan yang mengikuti proses rekapitulasi tingkat kota Makassar dan membacakan D-Hasilnya. Enam kecamatan tersebut ialah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Wajo, Ujung Tanah, Bontoala, Mariso dan Mamajang.

Padahal sebelumnya Anggota KPU Makassar, Sri Wahyuningsih menargetkan per hari akan ada 4 Kecamatan yang mengikuti proses rekapitulasi tingkat kota di Makassar.

"Kita itu targetnya minimal sehari itu 4 Kecamatan yang ikut rekapitulasi perhari, supaya cepat selesai, kita optimis rekapitulasi tingkat kota selesai tepat waktu, " ucap Sri Wahyuningsih Pada Tim Celebes Media, Jum'at (01/03).

Namun faktanya  Sabtu (02/03) kemarin, hanya ada 2 kecamatan yang mengikuti rekapitulasi tingkat Kota Makassar, yaitu Kecamatan Bontoala dan Mariso, padahal ditargetkan 4 kecamatan sebelumnya.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengungkapkan bahwa untuk kabupaten dan kota akan diberikan tenggat hingga 5 Maret mendatang.

"Pokoknya selesai tanggal 5 nanti, tim kami juga sudah estimasikan itu," tegas Ketua KPU Sulsel, Hasbullah kepada rekan Media di Hotel Claro Makassar.

Namun kata Hasbullah, Jika kemudian hari ada Kabupaten atau Kota yang tidak dapat menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten kota sesuai tenggat waktu yang ditentukan, maka akan dialihkan ke Provinsi.

"Iya dialihkan di Provinsi, jadi tanggal 5 semua pasti gabung ikut di kegiatan kita (Rekapitulasi Provinsi)," ucapnya

Selain Makassar, ada 11 kabupaten lain di Sulsel yang belum merampungkan rekapitulasinya yakni  Gowa, Jeneponto, Bulukumba, Bone, Maros, Sinjai, Wajo, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Toraja Utara.

Sedangkan 10 kabupaten dan 2 kota yang telah merampungkan rekapitulasinyandan sudah menyerahkannya ke KPU Sulsel yakni Sidrap, Bantaeng, Takalar, Kepulauan Selayar, Enrekang, Barru, Soppeng, Tana Toraja, Pinrang, Pangkep, Kota Palopo dan Kota Pare-Pare.

Laporan : Riski