Antisipasi Kecurangan, KPU Ingatkan Pemilih Buka Surat Sebelum Masuk Bilik

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyusun surat suara dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Hasyim Asy'ari mengingatkan agar para pemilih memeriksa surat suara sebelum masuk ke bilik suara.

Ia meminta agar pemilih membuka surat suara lebih dulu di luar bilik suara agar bisa diketahui rusak tidaknya surat suara sebelum dicoblos.

"Mestinya sebelum masuk, (surat suara) dibuka dulu di situ, boleh. Untuk melihat surat suaranya kondisi bagus atau tidak," kata Hasyim mengutip Antara, Selasa (13/2).

Jika pemilih menemuman ada surat suara yang rusak dapat langsung dilakukan pergantian surat suara yang baru.

"Karena di situ kalau kurang bagus kan dianggap rusak. Di situ diberi kesempatan untuk minta ganti," ujarnya.

Pemilih yang salah mencoblos juga dapat kesempatan untuk menukar surat suaranya. Tetapi untuk hal itu menyesuaikan kondisi di TPS.

"Kalau (kuantitas) surat suaranya tidak cukup, ya tidak bisa (minta ganti surat suara baru)," jelas Hasyim.

Hasyim menambahkan KPU menyiapkan surat suara cadangan di setiap TPS yang jumlahnya 2 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

"Surat suara cadangan ada 2 persen dari jumlah DPT. Katakanlah DPT-nya 300, jadi cadangannya cuman enam lembar," tambahnya.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pemungutan suara capres-cawapres dan pemilihan legislatif akan digelar serentak Rabu besok, 14 Februari 2024.