Penentuan Cawapres Usungan Nasdem Otoritas Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dalam Deklarasi Capres Usungan Partai Nasdem, Senin (3/10/2022) - (tangkapan layar kanal YouTuber Nasdem TV)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Sementara berkenaan dengan pemilihan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menyerahkan hal itu kepada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

“Berkaitan dengan calon wakil presiden, kami amanatkan kepada calon presiden untuk memilih dan menentukannya,” ujar Surya Paloh dalam deklarasi di DPP Partai Nasdem di Jakarta yang disiarkan secara daring, Senin (3/10/2022). 

Surya Paloh juga melihat Anies Baswedan merupakan sosok yang mampu menghadapi tantangan yang akan terjadi di Indonesia kedepannya.

“Di tengah kompleksitas dunia dan semangat zaman, kita membutuhkan kepemimpinan nasional yang kehadirannya mampu merespons segala tantangan zaman. Pemimpin yang tidak hanya mampu melanjutkan apa-apa yang telah dicapai hingga saat ini akan tetapi juga sanggup memberi harapan bagi rakyatnya,” kata Surya Paloh.

Menurutnya sosok cucu pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan itu pemimpin memiliki komitmen menegakkan konstitusi.

“Pemimpin yang memiliki otoritas moral yang memadai, komitmen konstitusional, serta kapasitas pribadi dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diemban,” lanjutnya. 

Sebelumnya diberitakan Partai Nasional Demokrat (NasDem) memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam deklarasi di DPP Partai Nasdem di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Sejak awal, Anies telah menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai bakal capres hasil Rakernas Nasdem pada Juni 2022. Selain Anies, ada Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.