Curhat KPPS Makassar Pertanyakan Dana Transportasi saat Pelantikan

Ilustrasi - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Makassar pertanyakan tidak adanya dana transportasi yang diberikan saat pelantikan.

Beberapa diantara mereka membandingkan dengan anggota KPPS di wilayah lain yang mendapatkan dana transportasi saat pelantikan.

Salah seorang anggota KPPS kota Makassar, yang tak ingin namanya disebut kepada CELEBESMEDIA mengakui ia sempat heran ketika mengetahui rekannya yang menjadi anggota KPPS di Kabupatem Gowa menadapatkan biaya transportasi.

"Heran juga karena kita di Makassar tidak dapat uang transportasi pas pelantikan, padahal sudah mulai Bimtek," ucapnya kepada CELEBESMEDIA, Minggu (28/1).

Dikonfirmasi kepada salah seorang anggota KPPS Gowa, Ichsan membenarkan jika ia mendapatkan dana transportasi saat pelantikan. Dana itu, kata Ichsan khusus untuk transportasi saat pelantikan, beda lagi dana yang katanya akan didapatkan saat mengikuti Bimtek.

" Iye, kalau di Gowa kita dapat uang transportasi pas pelantikan, 50 Ribu dikasihkan ke kami, ini untuk uang transportasi pas pelantikan ji, beda lagi pas Bimtek," jelas Ichsan saat dikonfirmasi CELEBESMEDIA.

Sebelumnya seorang anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Makassar curhat di media sosial tidak diberi uang transport setelah pelantikan di Hotel Claro, Makassar, Kamis (25/1/2024). Postingan itu viral di media sosial (medsos). 

Diketahui jumlah KPPS Makassar yang telah dilantik 28.028 orang. Artinya jika diasumsikan jika tiap anggota KPPS mendapat biaya transportasi sebesar Rp50.000, jumlah dana transportasi tersebut sebesar sekitar Rp1,4 miliar rupiah yang mesti dianggarkan untuk dana transportasi para anggota KPPS.

Laporan : Riski