Tujuh Tokoh Ini Punya Kans Maju di Pilgub Sulsel 2024

Suwadi Idris Amir selaku Direktur Eksekutif IPI - (foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Meskipun perhelatan pemilihan gubernur masih akan dilaksanakan sekitar dua tahun lagi, namun atmosfer politik sudah mulai terasa sejak beberapa waktu lalu khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan.

Setidaknya terdapat 7 tokoh masyarakat yang mempunyai potensi untuk bersaing dalam pilgub Sulawesi Selatan.

Suwadi Idris Amir selaku Direktur Eksekutif IPI menyebutkan 7 tokoh yang menguat dan mempunyai potensi untuk bersaing dalam pilgub di Sulawesi Selatan pada 2024 mendatang.

Tokoh-tokoh tersebut, antara lain Ilham Arief Sirajuddin kader Partai Golkar, Andi Muhammad Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Andi Sudirman Sulaiman, Andi Irwan Darmawan Aras Ketua DPD 1 Partai Gerindra, Rusdi Masse Anggota DPR RI, Adnan Purichta Ichsan Bupati Gowa, Taufan Pawe Walikota Parepare.

"Walaupun perhelatan pilgub masih cukup lama, kurang lebih 2 tahun, namun memang ada beberapa figur yang sudah sangat terang-terangan memperlihatkan sikap politiknya bahwa ingin menatap kontestasi pilgub 2024," kata Suwadi kepada CELEBESMEDIA.ID, pada Kamis (11/8/2022).

Berdasarkan riset yang telah dilakukan, Suwadi menjelaskan bahwa dari ketujuh tokoh tersebut terdapat tiga nama yang menjadi favorit warga Sulawesi Selatan untuk maju dalam pilgub 2024, yakni Adnan Purichta Ichsan, Andi Irwan Darmawan Aras, dan Andi Muhammad.

"Kalau dilihat dari persepsi publik saat ini ada tiga figur yang sangat mendapatkan perhatian, riset pun menggambarkan seperti itu dari tingkat kesukaan masyarakat," jelas Suwadi.

Suwadi menambahkan bahwa persepsi positif publik tidak dapat menjadi jaminan seseorang untuk memenangkan sebuah pertarungan, sebab indikator utama yang sangat menentukan kemenangan calon adalah sebuah persiapan, salah satunya adalah kemampuan finansial atau cost politic.

Menurut Suwadi, berdasarkan kemampuan finansial dari ketujuh tokoh tersebut untuk membangun sistem kerja-kerja politik yang kuat, pemilik cost politik yang cukup mumpuni, yakni Rusdi Masse, Andi Sudirman Sulaiman, dan Andi Irwan Darmawan Aras.

Laporan: Fitri Khaerunnisa