PKPI Galang Kekuatan Parpol Baru Non Parlemen di Pilwali Makassar 2020

Muhammad Israt

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menghadapi pelaksanaan Pemilihan Walikota Makassar 2020 mendatang, kekuatan sejumlah partai baru, baik yang memiliki kursi parlemen maupun yang non parlemen, tentu tidak dapat diragukan. Hal itu pun mendorong partai non parlemen, salah satunya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), untuk menggalang kekuatan partai baru dan non parlemen tersebut dalam mengusung bakal calon walikota Makassar.

Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) PKPI Makassar, Muhammad Israt, menawarkan, pembentukan koalisi poros baru dengan menyatukan partai baru yang memiliki kursi dengan partai non parlemen dan satu fraksi penuh dari partai menengah.

Israt mengungkapkan, dari partai yang memiliki kursi parlemen tersebut digabungkan dengan kekuatan partai baru dan partai non parlemen, maka akan menambah dinamisasi pelaksanaan pemilihan walikota di Makassar mendatang.

Asumsinya, menyatukan partai yang memiliki kursi sedikit seperti Perindo (2 kursi), Berkarya (1 kursi), Hanura (3 kursi), PKB (1 kursi), ditambah dengan satu partai yang memiliki fraksi penuh minimal 5 kursi, sudah mencukupi untuk bisa membangun koalisi poros baru.