Pemkab Maros dan KPU Sepakati Biaya Pilkada Sebesar Rp 31,1 Miliar

CELEBESMEDIA.ID, Maros – Setelah melalului pembahasan yang alot, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyepakati anggaran Pilkada Maros 2020 yakni sebesar Rp 31,1 miliar.

Anggaran yang dikabulkan Pemkab ini kurang nilai proposal yang diajukan KPU yakni sebesar Rp 34 miliar.

Bupati Maros, Hatta Rahman, mengatakan, pihaknya telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Maros, disaksikan Ketua KPU Maros, Samsu Rizal.

Penandatanganan NPHD tersebut baru bisa dilakukan pasca mengalami beberapa kali pembahasan antara KPU dan Pemkab Maros. Besarnya permintaan biaya diawal oleh KPU membuat pemerintah harus merasionalkan anggaran terlebih dahulu.

Menurut Hatta, nilai yang disepakati ini masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain. Menurutnya, permohonan biaya penyelenggaraan pilkada daerah lain jauh lebih kecil, hanya berkisar Rp 30 miliar dengan jumlah DPT yang lebih banyak dari Maros.

Setelah disahkan, dana penyelenggaraan pilkada tersebut akan dicairkan secara bertahap. Tahun ini akan dicairkan sebesar Rp 1,5 miliar. Selebihnya akan dikucurkan bertahap pada tahun berikutnya.

Dana tersebut diperuntukkan KPU untuk membiayai tahapan pilkada 2020.