Home > PSM

'Jumat Berkah' PSM Makassar Launching Jersey dan Tim

'Jumat Berkah' PSM Makassar Launching Jersey dan Tim - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sang juara Liga 1 sepakbola nasional musim kompetisi lalu, PSM Makassar, akan memperkenalkan jersey barunya pada hari Jumat (30/6/2023) melalui media sosialnya. 

Kecuali launching jersey baru, PSM juga akan mengumumkan nama-nama Pasukan Ramang yang akan masuk tim untuk berlaga mempertahankan mahkota juaranya pada musim kompetisi 2023/2024 ini.

PSM Makassar juara Liga 1 musim kompetisi 2022-2023, mengobati kerinduan para fans-nya selama 23 tahun lamanya. 

Untuk juara PSM membukukan catatan hanya 3 kali kalah, menang 22 kali, seri 9 kali. Pasukan Ramang membukukan gol sebanyak 63 dan hanya kemasukan 28 gol. 

Di samping itu, Kapten Tim William Jan Pluim meraih prestasi sebagai pemain terbaik. Sementara Bernardo Tavares yang baru mulai memoles PSM menjelang awal musim kompetisi, terpilih sebagai pelatih terbaik. 

Menurut sumber internal PSM,  jersey yang akan diperkenalkan PSM, memang agak berbeda dengan kostum sebelumnya. Jersey baru ditambahkan beberapa ornamen yang mengandung makna filosofis dan nilai-nilai kultural Bugis-Makassar. 

Makna dan nilai-nilai itulah yang akan dijelaskan manajemen pada saat perkenalan jersey baru.

Mengenai jersey baru ini, manajemen PSM sengaja memperkenalkannya hanya dua hari jelang laga perdana Julu Eja melawan Persija Jakarta. 

Alasannya, karena faktor teknis dan non teknis, seperti adanya sponsor baru yang bergabung untuk memberikan suportnya kepada PSM.

Honda yang telah bersama dengan PSM dalam beberapa musim kompetisi,  tetap setia mendukung sebagai sponsor utama. 

Adapun mengenai pemain yang akan memperkuat tim PSM, juga tidak banyak berubah. Bintang-bintang PSM seperti Sang Kapten Wiljan Pluim, Yuran Fernandes, Everton, Kenzo Nambo, Yakob dan Yance Sayuri, sang penjaga gawang Reza Pratama, dan lainnya. 

Yang pasti, Agung Mannan, Ramadhan Sananta, tidak lagi memperkuat barisan Juku Eja setelah mereka cabut dan bergabung dengan klub barunya. 

Akan tetapi, PSM telah mengontrak pemain asing Kike Linaares dan Adilson Silva yang telah memperkuat PSM dalam laga playoff AFC Champions. Juga beberapa pemain muda.