Home > PSM

Duel Persipura vs PSM Diawasi 6 Wasit

Ilustrasi - (foto by Pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bakal ada yang berbeda dalam pertandingan Derby Indonesia Timur antara Perspiura vs PSM di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Kamis (10/3/2022) sore.

Dalam duel pekan ke-30 Liga 1 2021/22 itu, akan menggunakan asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR). Kebijakan itu dikeluarkan PSSI agar pertandingan berjalan lebih adil.

“Sudah ada penyegaran asisten wasit tambahan  di Bali  beberapa hari lalu yang diikuti 65 wasit,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iriawan mengatakan para asisten wasit tambahan ini juga sudah melakukan praktik lapangan dengan memimpin laga uji coba Bali United Junior selama 4 kali.

Dalam praktiknya di lapangan , asisten wasit tambahan ini dibekali alat getar yang ditempelkan di lengan atau tangan wasit utama dan asisten wasit tambahan.

“Nah tugas asisten wasit tambahan ini memonitor apakah terjadi gol atau tidak gol. Setelah itu baru dikoordinasikan dengan wasit utama,” imbuh Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI.

AAR ini pernah dipakai di beberapa kompetisi di Asia dan Eropa. Namun, di kompetisi Eropa kini sudah beralih ke VAR (Video Assistant Referee).

“Ke depan Liga 1 juga akan memakai VAR. Biayanya memang mahal dan harus ada pelatihan. Sebelum ada VAR kita pakai yang AAR ini dulu,” tutupnya.

AAR ini mulai diterapkan saat laga lanjutan Liga 1 2021/22 antara Persela dan Persikabo di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Rabu (9/3).

Additional Assistant Referee (AAR) atau asisten wasit tambahan. AAR adalah asisten wasit kelima dan keenam yang bertugas khusus di belakang garis gawang. Sejak 1991 FIFA secara resmi menggunakan tiga asisten wasit. Dua hakim garis dan satu wasit cadangan.