Home > PSM

Isyaratkan Bertahan, Kenzo Nambu Sebut Pemain dan Staf PSM Teman Sejati

Kenzo Nambu - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tak banyak pemain asing yang berjiwa besar seperti Kenzo Nambu. Meski PSM Makassar diselimuti masalah internal, namun ia tak berniat meninggalkan tim.

Dalam kondisi tersebut, pemain asal Jepang yang kontraknya habis di akhir musim 2023/24 mengisyaratkan bertahan di PSM Makassar.

Hal tersebut diungkapkan Kenzo dalam tulisan di blog pribadinya, 4 Mei lalu. Ia menganggap seluruh pemain dam staf PSM adalah teman sejati.

"Ada banyak ekspedisi. Saya menghabiskan lebih banyak waktu dengan tim saya daripada di rumah. Selain itu, kami mampu membangun hubungan," tulis Kenzo di blog pribadinya.

Meski demikian, ia tak menampik masalah-masalah yang dihadapi manajemen PSM mengganggu konsentrasinya, bahkan seluruh pemain. Tapi pemain berusia 31 tahun itu mengambil sisi positifnya.

"Namun, Saya pikir itu tergantung pada bagaimana Anda berpikir tentang berbagai hal. Memang benar banyak hal positif yang didapat dari pengalaman ini bagi saya, daripada menjadi emosional. Pertama, tempatkan diri Anda pada posisi orang lain dan pikirkan solusinya. Itulah yang saya katakan pada diri saya sendiri setiap saat," lanjut Kenzo.

Kenzo yang direkrut dari klub kasta kedua Thailand, Rayong FC, langsung tampil gemilang di musim debutnya bersama PSM.

Dalam balutan seragam Juku Eja, Kenzo Nambu kembali menemukan performa terbaiknya dengan membantu PSM juara Liga 1 2022/23 dengan mencetak 9 gol dari 31 pertandingan.

Namun di musim 2023/24 Kenzo mengaku tak mencapai targetnya bersama PSM, yakni mencetak 15 gol. Diketahui hngga Liga 1 musim ini tuntas, ia hanya menggetarkan jala gawang lawan 14 kali.

Pencapaian itu membuat Kenzo berencana menerima tantangan mencetak 15 gol di musim 2024/25 bersama PSM. Keputusan ini yang mengisyaratkan ia bakal memperpanjang kontrak di klub tertua Indonesia tersebut.

"Lagi pula, saya tidak bisa menyelesaikannya tanpa mencapai tujuan saya. Saya berencana untuk mengambil tantangan itu lagi musim depan setelah mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya," 

"Saya pikir merupakan sebuah berkah tersendiri bisa merasakan lelah dan frustasi seperti yang saya alami musim ini. Saya akan terus menghadapi sepak bola tanpa melupakan rasa terima kasih saya," tutup Kenzo dalam tulisannya.

Pernyataan Kenzo tersebut mematahkan rumor yang berseliweran bakal hengkang dari PSM jelang bursa transfer awal musim 2024/25. Pasalnya, banyak klub top Indonesia dan Asia yang ingin mengamankan tanda tangannya.