Home > PSM

Piala Menpora 2021: Imbangi Bhayangkara FC, PSM Puncaki Klasemen Grup B

PSM 1-1 Bhayangkara FC - (design by instagram/@liga1match)

CELEBESMEDIA.ID, Malang - PSM Makassar bermain imbang melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu sore (27/3/2021). Duel dua tim penghuni Grup B Piala Menpora 2021 itu berakhir dengan skor 1-1.

Sejak peluit kick-off dibunyikan oleh wasit asal Malang, Iwan Sukoco, pertandingan berjalan dalam tempo tinggi.

Namun, Bhayangkara FC lebih menguasai permainan di menit-menit awal. Lini tengah skuat asuhan Paul Munster bermain lebih tenang dibanding Pasukan Ramang.

Arthur Bonai membawa Bhayangkara FC unggul lebih dulu pada menit ke-8. Arthur memaksimalkan umpan dari tendangan bebas Renan Silva di sisi kiri pertahanan PSM.

Ketinggalan satu gol, Laskar Phinisi menaikkan tempo permainan. Duel-duel keras pun tak terhindarkan dari kedua kesebelasan.

Alhasil, banyak pelanggaran tercipta dan memaksa wasit mengeluarkan 5 kartu kuning, yakni 3 untuk PSM serta 2 kartu diacungkan ke pemain Bhayangkara FC.

Hingga turun minum, skor 1-0 tetap bertahan. Bhayangkara FC unggul ball possesion 57 persen berbanding 43 persen dari PSM.

Memasuki babak kedua, pelatih PSM Syamsuddin Batola menarik keluar Ronaldo Wanma dan Rizky Eka yang mengalami cedera, kemudian memasukkan Aji Kurniawan dan Saldy Amiruddin.

Rotasi pemain tersebut cukup berhasil di awal babak, Zulkfili Syukur dan kawan-kawan mampu merepotkan lini pertahanan lawan.

Serangan demi serangan yang dibangun Pasukan Ramang akhirnya berbuah hasil. Yakob Sayuri membukukan gol penyeimbang pada menit 49. Berawal dari penetrasi ke jantung pertahanan Bhayangkara FC, Hasim Kipuw memberikan umpan terobosan ke Aji yang meneruskan crossing ke Yakob Sayuri. Yakob yang berdiri bebas dengan mudah menggetarkan jala gawang Awan Setho.

The Guardian meningkatkan tempo permainan setelah kebobolan, dengan mengandalkan serangan dari sisi sayap. Meski demikian, lini belakang PSM yang dikomandoi Kipuw tampil disiplin dan mampu meredam pergerakan Andik dan TM Ichsan.

Setelah cooling break babak kedua, Bhayangkara FC lebih mendominasi pertandingan dengan mengurung lini pertahanan PSM. Sejumlah peluang emas tidak berhasil dikonversi menjadi gol oleh anak asuh Paul Munster.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Atas hasil itu, PSM tetap memuncaki klasemen sementara Grup B dengan koleksi empat poin, Bhayangkara FC di urutan kedua dengan poin sama namun kalah jumlah gol. Borneo FC dan Persija Jakarta berturut-turut di posisi tiga dan empat.

Susunan pemain PSM vs Bhayangkara FC:

PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Zulkifli Syukur (C) (belakang); Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Rizky Eka (tengah); Zulham Zamrun, Yakob Sayuri, Ronaldo Wanm (depan)

Cadangan: Syaiful, Ahmad, M Fahri, Nurhidayat, Renaldi, M Farhan, Saldy, Yance, M Rifky

Pelatih: Syamsuddin Batola

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho (kiper); Hansamu Yama, Ruben Sanadi (C), Arthur Bonai, Sani Rizky (belakang); Renan Silva, TM Ichsan, Evan Dimas, Andik Vermansyah (tengah); Wahyu Subo, Jajang Mulyana (depan)

Cadangan: Wahyu Tri, Indra, Indra Kahfi, Alsan, Adam Alis, Hargianto, Lee, Titan, Osas, Dendy

Pelatih: Paul Munster