Home > PSM

Ricky Pratama, Wonderkid Asal Sidoarjo Bela Panji PSM

Ricky Pratama - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ricky Pratama kembali mendapat kesempatan memperkuat PSM Makassar di kompetisi musim 2023/24, setelah mendapat perpanjangan kontrak dari manajemen.

Perpanjang kontrak Ricky Pratama diumumkan manajemen PSM lewat instagtam, Kamis (25/5) lalu, bersama 4 pemain muda lainnya yakni Adil Nur Bangsawan, Mufli Hidayat, dan Sulthan Zaky.

Ricky merupakan salah satu Ramang Muda yang membawa PSM Makassar juara Liga 1 2022/23.

Sepanjang musim lalu, Ricky bermain di 14 pertandingan dengan membukukan 482 menit bermain.

Pemain kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur, 6 Mei 2003 itu kerap dipercaya pelatih Bernardo Tavares masuk daftar susunan pemain (DSP).

Selain di Liga 1, Ricky juga mendapat kepercayaan mengisi line up PSM di level Asia, AFC Cup. Ia bermain sekali dari 4 kali masuk DSP.

Tavares mempertahankan Ricky karena kontribusinya di musim lalu. Ia diplot menjadi penyerang sayap, dan ditugaskan merusak konsentrasi lini pertahanan lawan dengan skill mumpuninya.

Ricky melakukan 16 kali tendangan ke arah gawang lawan, 8 diantaranya tepat sasaran.

Pemilik nomor punggung 15 itu tercatat melepaskan 45 passing sukses dari 72 kali percobaan, 3 tekel bersih, dan 4 kali intersep.

Ricky Pratama yang dipromosikan dari Akademi PSM ke skuad senior pada 1 Juli 2022 lalu itu memiliki prestasi mentereng.

Penyerang berusia 19 tahun tersebut merupakan pencetak gol terbanyak PSM U-18 di kompetisi usia dini Elite Pro Academy (EPA) 2021.

Ia juga tergabung dalam skuad Garuda Select angkatan kedua bersama dua rekannya di Tim Juku Eja yakni Rafli Asrul dan Edgar Amping.

Profil Ricky Pratama

Nama lengkap : Ricky Pratama

Tempat lahir : Sidoarjo, Jawa Timur

Tanggal lahir : 6 Mei 2003

Posisi : penyerang tengah

Karir klub

2019-2022 : PSM Junior

2022-sekarang : PSM Makassar