Home > PSM

Hanya Barcelona yang Bisa Goyahkan Kesetiaan Wiljan Pluim

Wiljan Pluim - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Perjalanan karir Willem Jan Pluim di kompetisi kasta tertinggi Indonesia makin mentereng setelah membawa PSM Makassar menjadi juara Liga 1 2022/23.

Sebelum gelar Liga 1, Wiljan Pluim juga mengantar Pasukan Ramang juara Piala Indonesia 2019 usai menundukkan Persija Jakarta pada babak final.

Playmaker asal Belanda itu merupakan satu-satunya pemain asing PSM yang mengawinkan gelar juara Piala Indonesia dan Liga 1.

Kesetian Pluim terhadap klub tertua Indonesia itu tak perlu diragukan lagi. Ia dengan kukuh menolak pinangan banyak klub top tanah air maupun luar negeri.

Bahkan saat PSM nyaris terdegradasi pada musim lalu, ia memilih bertahan dengan menolak tawaran klub-klub berduit. Padahal, kala itu banyak pemain yang memilih hengkang dari Tim Juku Eja.

"Jadi, jika ada tim yang mau membeli saya, mungkin kalau Barcelona, itu akan jadi masalah," ujar Pluim dengan humor usai mengikuti latihan rutin PSM di Stadion Kalegowa, Gowa, Senin (3/4), dikutip dari Tribun Timur.

Pada 19 April 2022 lalu, pemain berusia 33 tahun itu pun mempertegas kesetiannya ke PSM dengan menandatangani perpanjangan kontrak hingga 31 Desember 2024.

Wiljan Pluim yang dijuluki Sang Maestro itu tampil dalam 165 laga bersama PSM di seluruh kompetisi, dengan mencetak 45 gol dan 48 assist dari 14.185 menit bermain.

Khusus pada musim ini, Pluim bermain sebanyak 25 kali di Liga 1 2022/23. Ia mendonasikan 10 gol dan 9 assist dari 1.959 menit bermain.

Berdasarkan data Transfermarkt update 10 Maret 2023, pemain kelahiran Zwolle, Belanda itu punya nilai pasaran sebesar Rp5,21 miliar.