Home > PSM

1.070 Personel Gabungan Amankan Laga PSM vs Dewa United

Apel pengamanan di Stadion GBH Parepare, Jumat (7/7) - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Skema pengamanan pada musim lalu masih diterapkan di Liga 1 2023/2024 untuk pertandingan kandang PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), Parepare.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabag Ops Polres Parepare, Kompol Baharuddin saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Jumat (7/7) sore.

Dalam laga kandang perdana PSM di musim ini melawan Dewa United, sebanyak 1.070 personel gabungan diturunkan.

"Personel gabungan dari TNI, Polri maupun instansi terkait. Khusus untuk Polri itu 720, terdiri Polres Parepare 420 personel, Samapta Polda Sulsel 100 orang, Brimob 150, PAM Obvit ada 10 orang," ujar Burhanuddin.

"Kemudian ada bantuan dari Polres Sidrap sama Pinrang masing-masing 20 orang. Untuk TNI ada 160, terdiri Kodim 150 tambah POM 10 personel. Untuk instansi terkait ada 190 orang, Satpol PP 70, Dishub 50, Damkar 20, dan Stewart 50," tambah dia.

Kompol Burhanuddin - (foto by Akbar)

Skema pengamanan yang digunakan, lanjut Burhanuddin, pihaknya telah melakukan analisa dan evaluasi (anev). Selama ini untuk pertandingan masih efektif diterapkan.

"Namun apabila ada perubahan-perubahan yang ada nanti, pada saat anev berikutnya setelah selesai pertandingan apabila ada kekurangan pasti kami akan sampaikan," tutupnya.

Pada musim lalu, polisi melakukan pengamanan berlapis, dengan menerapkan 3 ring. Ring 1 lokasi seputaran stadion, dan tidak diperbolehkan kendaraan suporter masuk.

Sementara Ring 2 berada persis di jalan depan stadion, yang mana kendaraan dilarang parkir sepanjang badan jalan. Sedangkan untuk kantong-kantong parkir kendaraan disiapkan di ring 3. 

Laga PSM vs Dewa United yang digelar di Stadion GBH Parepare, dijadwalkan live streaming via vidio.com mulai pukul 16.00 Wita, Sabtu (8/7).

Laporan: Muhammad Akbar