Home > PSM

Stadion Gelora BJ Habibie Bakal Pakai VAR Musim Depan

Stadion GBH Parepare - (Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kementerian PUPR, PSSI dan PT LIB menggelar rapat koordinasi Penyediaan Prasarana Instalasi Video Assistant Referee (VAR) di 20 stadion Indonesia.

Rapat koordinasi itu berlangsung di salah satu hotel di Tangerang Selatan, Banten, 18 hingga 22 Maret 2024.

Salah satu stadion yang akan menggunakan VAR adalah markas PSM Makassar, Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepae. Namun, sejauh ini belum ada jadwal pemasangan VAR.

Direktur Operasional LIB, Asep Saputra mengapresiasi dukungan pemerintah dalam menyediakan prasarana instalasi VAR. Keberadaan VAR akan membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat dan fair play.

"VAR ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Dengan VAR, pertandingan akan semakin fair dan menarik untuk ditonton," kata Asep Saputra.

Asep menambahkan, koordinasi ini merupakan langkah penting dalam persiapan penyelenggaraan Liga 1 musim depan. Ia berharap dengan adanya VAR, kualitas pertandingan sepakbola di Indonesia akan semakin meningkat.

Dalam kegiatan ini, para peserta membahas berbagai hal terkait dengan penyediaan prasarana instalasi VAR seperti spesifikasi teknis, pembuatan tempat untuk camera platform, dan penentuan lokasi RRA (Referee Review Area).

Tak hanya itu, pembahasan juga dilakukan seputar penentuan ruangan di stadion-stadion tersebut dalam kebutuhan operasional pertandingan, operasional media dan dari sisi infotainment.

20 stadion yang akan menggunakan VAR:

1. Stadion Utama Sumatera Utara

2. Stadion Teladan Medan

3. Stadion Surajaya

4. Stadion Kanjuruhan

5. Stadion Harapan Bangsa

6. Stadion Gelora Joko Samudro

7. Stadion Bumi Sriwijaya

8. Stadion BJ Habibie

9. Stadion Pakansari

19. Stadion Patriot Chandrabhaga

11. Stadion Gelora Delta Sidoarjo

12. Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan

13. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

14. Stadion Maguwoharjo

15. Stadion Indomilk Arena

16. Stadion Demang Lehman

17. Stadion Gelora Bumi Kartini

18. Stadion Jatidiri

19. Stadion Wibawa Mukti

20. Stadion Segiri

Sumber: LIB