Liburan Akhir Pekan Tak Perlu Mahal, Ini 4 Lokasi Gratis di Makassar

Taman Maccini Sombala - (foto by Dok Google Maps)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhir pekan menjadi momen paling dinanti banyak orang untuk merehatkan badan dan pikiran dari rutinitas selama sepekan.

Namun sebagian orang beranggapan untuk menikmati libur akhir pekan harus mengeluarkan banyak uang. Padahal ada beberapa tempat di Makassar yang dapat di akses saat akhir pekan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Berikut ini 4 lokasi cocok menikmati libur akhir pekan di Makassar dengan budget minim.

1. Taman Macan


(Taman Macan - Get Lost ID)

Taman Macan menjadi salah satu lokasi akhir pekan favorit warga Kota Makassar. Lokasinya di Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, tak jauh dari balai kota.

Tempatnya teduh, udaranya sejuk karena pepohonan yang rindang. Tak perlu mengeluarkan duit untuk bisa menikmati suasana teduh di sana karena tidak ada biaya masuk. 

Banyak yang menjadikannya sebagai tempat joging di pagi dan sore hari. Ada juga yang hanya menikmati suasana teduh dengan duduk santai di taman itu.

Ada monumen bersejarah di taman ini berupa patung Harimau bernama Monumen Lasykar Pemberontak Harimau Indonesia. 

Monumen ini didirikan didirikan tahun 10 November 1985 untuk mengenang perjuangan para pemuda Makassar dalam melawan kolonial Belanda.

2. Anjungan Pantai Losari


(Anjungan Pantai Losari - exploremakassar.go.id)

Lokasi lainnya yakni di Anjungan Pantai Losari yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Pantai Losari merupakan salah satu ikon Makassar. Pantai Losari merupakan kawasan favorit warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada sore hari atau akhir pekan. Pantai ini memeliki beberapa anjungan dengan nama-nama suki di Sulawesi yakni Anjungan Makassar, Anjungan Bugis, Anjungan Mandar dan Anjungan Toraja.

Lokasi ini biasa diakses secara gratis atau tidak ada biaya tiket masuk. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir. 

Anjungan Pantai Losari menyediakan beberapa fasilitas termasuk toilet. Di bagian depan anjungan ini juga berdiri patung perahu pinisi. Patung perahu tersebut terletak di antara tugu kembar adipura.

3. Taman Maccini Sombala


(Taman Maccini Sombala - Dok Google Maps)

Tempat akhir pekan lainnya yakni Taman Maccini Sombala yang terletak di Jl. Nuri Baru. 

Taman ini berkonsep wisata kebun dan berada di lokasi strategis yang mudah di jangkau terutama bagi wisatawan karena berdekatan dengan Pantai losari dan tempat wisata Makassar lainnya.

Taman Maccini Sombala of Indonesia MOI)  terdiri dari 4 plaza dengan fasilitas joggling track, cycling track, pedestrian way, lavatory, gazebo, bangku taman, dan air mancur. 

Uniknya taman ini dikelilingi sebuah kanal buatan sepanjang 1.500 meter dengan lebar 35 meter yang menjadikannya sebagai nilai tambah keindahan taman ini. Ada juga gazebo sebagai tempat istirahat pengunjung yang lelah usai berolahraga.

4. Lego-lego CPI

(Lego-lego CPI - exploremakassar.go.id)

Lokasi lainnya yakni Lego-lego Center Point of Indonesia (CPI). Tidak ada biaya masuk ke tempat ini, namun Anda tetap harus menyiapkan uang parkir dan juga untuk jajan karena di lokasi ini ada banyak penjual kuliner.

Memasuki kawasan ini, pengunjung akan melewati bundaran dan juga jembatan CPI yang sering dipadati pesepeda pada saat sore hari. Sentuhan pernak-pernik unik, seperti lampu yang bergelantungan, tempat duduk beragam bentuk, hingga taman bermain untuk anak dapat dijumpai. Taman bermain ini bisa digunakan secara gratis. 

Ada juga Masjid 99 Kubah yang artistik. Bangunannya megah didominasi warga orange. Banyak pengunjungnyang berfoto di masjid ini yang sudah menjadi ikon baru di Makassar.