Makassar Terasa Panas? Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Cuaca Makassar dibulan April 2024 menurut sejumlah warga suhunya terasa lebih panas dari biasanya. Tidak hanya di siang hari saat matahari terik. Malam hari pun suhu udara lebih panas dari biasanya. 

"Betul, panas sekali, bahkan dari pagi itu sudah mulai panas. Jadi kadang kalau sudah mandi masih perlu kipas angin saking panasnya, lebih-lebih kalau sudah jam 11 siang ke atas sampai sore itu tambah panas kalau pulang dari kampus, " ungkap mahasiswi, Andi Putri. 

Senada dengan itu, Adli yang berdomisli di Tamalate juga mengeluhkan cuaca panas ketika malam hari.

"Panas sekali. Malam juga panas. Kalau tidur tidak pakai kipas misalnya pasti keringatan. Kalau siang panasnya seperti menembus jaket kalau mengendari motor," jelasnya.

Cuaca panas di Makassar dibenarkan Prakirawan Cuaca BMKG Balai IV Makassar, Rizky Yudha. Hasil pengamatan BMKG kata Rizky, selama periode bulan April 2024 memang bebrapa kali suhu udara di atas rata-rata. Misalnya saja Kamis kemarin (25/4), terbilang suhu mencapai 34,8 derajat atau Selasa kemarin (23/4) suhu mencapai 36 derajat, cukup tinggi dari rata-ratanya. Meski demikiaan Rizky menjelaskan suhu rata-rata maksimum terbilang normal.

"Kalau dari pengamatan kami suhu di kota Makassar itu masih terbilang normal dan hanya bermain di kisar 32 derajat hingga 34 derajat, kalau untuk rata-ratanya masih di angka 32,3 derajat celcius," jelas Prakirawan Cuaca BMKG Balai IV Makassar, Rizky Yudha kepada CELEBESMEDIA, Jumat (26/4).

Ia pun menjelaska cuaca panas di Makassar April ini tidak ada hubungannya dengan fenomena apapun melainkan karena mendekati musim kemarau. 

"Makassar kini sedang beranjak ke musim kemarau, sehingga memang akhir-akhir ini cuaca di Makassar cenderung cerah berawan dan terasa panas," jelasnya.

BMKG memprediksi Makassar akan memasuki musim kemarau pada pertengahan Mei nanti dan puncaknya Agustus 2024.

Liputan: Riski