Tips Agar Anak Tidak Malas Kembali Besekolah Usai Liburan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Libur telah usai. Selain para pekerja, anak-anak pun harus kembali bersekolah.

Sebagian anak biasanya malas untuk kembali bersekolah. Namun orang tua tka perlu khawatir, sebab ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak kembali bersemangat sekolah.

Psikolog klinis Kasandra Putranto menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan yakni: 

1. Ketahanan fisik

Mempersiapkan anak untuk masuk sekolah setelah libur panjang harus dibangun ketahanan fisik yang dibentuk sejak dini. Hal ini agar anak siap untuk menghadapi kegiatan sekolah setelah libur yang cukup panjang saat lebaran.

“Persiapan yang dimaksud tidak bisa hanya sebelum lebaran tetapi harus sejak dini membangun ketahanan fisik dan mental,” kata Kasandra mengutip Antara, Selasa (16/4).

2. Bentuk Sikap Disiplin

Selain kesiapan mental, anak juga perlu dibangun kebiasaan, sifat disiplin, meningkatkan motivasi belajar yang tinggi serta tanggung jawab, harus dibangun sejak dini agar anak selalu siap menghadapi masa sekolah.

"Jika kompetensi tersebut telah dibangun sejak dini, orang tua tidak akan kesulitan untuk menyemangati anak kembali bersekolah karena di dalam dirinya sudah tertanam rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolahnya" jelasnya.

3. Tanamkan rasa tanggung jawab

Penyebab anak yang merasa malas untuk kembali bersekolah bisa saja merasa terbebani dengan rutinitas belajar yang akan dihadapinya saat masuk sekolah.

Alasan lain yang kerap dirasakan anak ketika malas masuk sekolah adalah merasa masih terbawa suasana liburan. Namun, jika bekal rasa tanggung jawab sudah ditanamkan sejak dini, kata Kasandra hal itu tidak akan menjadi beban dan masalah.

“Umumnya anak masih terbawa kebiasaan liburan, bangun siang, santai dan menolak untuk kembali kepada rutinitas belajar yang dirasa membebani. Tetapi dengan bekal yang sudah dibangun sejak dini, seharusnya tidak akan menjadi masalah lagi,” jelasnya.