Shin Tae-yong Sedih Gagalkan Korsel ke Olimpiade 2024

Shin Tae-yong - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih Shin Tae-yong membuktikan profesionalismenya. Terbukti jurus jitu arsitek asal Korea Selatan membuat negara asalnya itu tersisih di perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4), Indonesia menang lewat babak adu penalti 11-10 atas Korea Selatan U-23. STY pun tak bisa menyembunyikan kesedihannya usai pertandingan.

Hasil ini membuat langkah Korea Selatan U-23 terhenti di Piala Asia U-23, sekaligus gagal lolos ke Olimpiade 2024. Kegagalan ini merupakan yang pertama bagi Korsel dalam 40 tahun terakhir.

"Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Shin Tae-yong sesuai laga.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong, mengakui hasil ini meningkatkan kepercayaan diri timnya. Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai Garuda Muda.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," tambahnya.

Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari juga tampil heroik. Kiper asal klub Persebaya tersebut melakukan sejumlah aksi penyelamatan.

Puncaknya saat fase adu penalti. Ia menepis dua tembakan pemain Korea Selatan, yakni Kang Sang-yoon dan Kang-Hee Lee. Sementara itu, dari kubu Indonesia, hanya Arkhan Fikri yang gagal mencetak gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 11-10 untuk kemenangan Indonesia.

Menariknya, Ernando tidak diam saja usai berhasil menepis tendangan penalti pemain Korea Selatan. Ia langsung berjoget di dekat aksekutor penalti tersebut.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Arab Saudi pada semifinal Piala Asia U23 2024 yang berlangsung Senin (29/4) mendatang.

Sumber: PSSI