Legenda Timnas Jerman Bernd Holzenbein Meninggal Dunia

Bernd Holzenbein mengangkat trofi Piala Dunia - (foto by @dfb/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Legenda sepakbola Jerman dan klub Eintracht Frankfurt, Bernd Holzenbein tutup usia. Ia tercatat mengantarkan Jerman Barat juara Piala Dunia 1974.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Rabu (17/4), Bernd Holzenbein meninggal dunia di usia 78 tahun.

"Bernd Holzenbein memiliki pengaruh besar pada Eintracht selama hampir 60 tahun," kata CEO klub Frankfurt, Axel Hellmann dikutip dari laman resmi FIFA.

"Dia adalah bagian dari generasi emas sepak bola Jerman tahun 1970-an, kemenangan Piala UEFA pada tahun 1980 dan era sepak bola tahun 2000 yang kami sebagai klub, mainkan pada awal 1990-an, selama waktu itu dia adalah wakil presiden. Di Bernd, kami kehilangan tidak hanya salah satu ikon terbesar klub, tetapi juga kolega setia dan teman baik," tambah Axel Hellmann.

Holz, begitu sapaan yang melekat pada dirinya, menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Eintracht Frankfurt, memenangkan hat-trick trofi DFB-Pokal antara tahun 1974 dan 1981, serta Piala UEFA pada tahun 1980.

Holz bermain total 532 kali untuk Eagles, mencetak rekor klub dengan koleksi 160 gol di Bundesliga dalam prosesnya.

Kejayaan pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap tersebut datang pada tahun 1974. Dia tampil di semua kecuali satu pertandingan Jerman Barat di Piala Dunia kandang mereka, memenangkan penalti di final melawan Belanda, yang dikonversi Paul Breitner, saat Mannschaft menang 2-1 dan mengklaim gelar kedua mereka selama keikutsertaan. Dia kemudian memenangkan 40 caps untuk tim nasional dan mencetak lima gol.

"Dengan sangat sedih saya mengetahui tentang meninggalnya pemenang Piala Dunia FIFA 1974 Bernd Holzenbein. Dia akan selalu memiliki tempat dalam sejarah sepak bola untuk kontribusinya terhadap kesuksesan negaranya tahun 1974, saat ia memenangkan penalti di final yang dikonversi Paul Breitner dan membawa Jerman bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Belanda dan mengangkat trofi Piala Dunia FIFA saat ini untuk pertama kalinya," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Belasungkawa tulus saya sampaikan kepada keluarga, teman, mantan rekan satu timnya, dan Asosiasi Sepak Bola Jerman," imbuh Infantino.

Sumber: ANTARA mengutip FIFA