Kalapas Makassar: IAS Tidak Merepotkan Malah Selalu Membantu

Penyerahan surat pembebasan dari Kepala Lapas, Budi Suwarno kepada Ilham Arief Sirajuddin yang disaksikan sang istri - (foto by Ariani)

CELEBSMEDIA.ID, Makassar - Ilham Arif Sirajuddin (IAS) akhirnya resmi bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Makassar, ditandai dengan penyerahan surat pembebasan dari Kepala Lapas, Budi Suwarno kepada Walikota Makassar periode 2004-2014 itu.

Penyerahan Surat Keterangan Bebas (SKB) ini disaksikan langsung oleh istri IAS yang juga merupakan anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama anak-anaknya. Tak hanya itu, para simpatisan juga turut mengabadikan momen saat IAS menerima SKB dari Kepala Lapas Makassar.

“Kurang lebih 5 bulan Pak IAS berada di Lapas Kelas 1A Makassar, beliau sangat luar biasa. Tadinya kami sangat khawatir karena dia adalah tokoh masyarakat tapi ternyata beliau sangat tidak merepotkan malah selalu membantu,” kata Budi, Senin (15/7/2019).

Budi juga meminta maaf kepada IAS dan pihak keluarganya apabila pada saat ditahan, pihaknya tidak dapat memberikan ijin keluar Lapas terlebih saat acara penting karena sudah menjadi prosedur penahanan narapidana.

IAS disebut resmi bebas murni setelah menjani masa pidana kurang lebih empat tahun sesuai dengan putusan hakim. Aco sapaan akrabnya sama sekali tidak dapat bonus baik remisi atau pun pembebasan bersyarat.

Diketahui dirinya sudah menjalani masa penahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung, hampir tiga tahun lebih atas kasus korupsi kerjasama kelola dan transfer instalansi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun 2007-2013.