Peringatan Dini BMKG: Curah Hujan Tinggi Landa Sulsel, Waspada Banjir

Peta potensi curah hujan tinggi di Indonesia - (foto by : @infobmkg)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di Sulsel yang dikeluarkan hari ini, Minggu (4/2).

Curah hujan di Sulsel masuk kategori tinggi dengan klasifikasi awas yang berpotensi menyebabkan banjir.

"Peringatan dini curah hujan tinggi dan potensi banjir Indonesia, dimana hingga dasarian III Januari 2024 lebih dari 70% wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan," tulis BMKG pusat mengutip akun resminya, Minggu (4/2).

"Untuk periode awal Februari 2024 wilayah yang memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi awas terjadi di Sulawesi  Selatan," tulisan lanjut BMKG.

Sulawesi Selatan menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia dengan potensi curah hujan tinggi klasifikasi awas. 

Sedangkan provinsi yang masuk klasifikasi siaga yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Papua dan beberapa wilayah di Sulsel.

Sementara provinsi dengan curah hujan tinggi klasifikasi waspada yakni beberapa wilayah di Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Papua, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan.

Selain potensi banjir, BMKG juga mengingatkan waspada penyakit di musim hujan.

"Diimbau kepada masyarakat agar mengambil tindakan preventif untuk menjaga kondisi dengan mengonsumsi makan dan vitamin, menggunakan pakaian hangat, sedia payung atau jas hujan ketika beraktivitas di luar ruangan, menjaga kebersihan rumah dan  lingkungan sehingga terhindari dari penyebaran penyakit di musim penghujan," tutup BMKG dalam peringatan dini yang dikeluarkannya.