Siap-siap! Seleksi CASN Dibuka Mei, Ini Cara Cek Formasinya Secara Online

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara akan dibuka pada Mei 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan pada seleksi CASN tahun ini akan dilakukan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Pelaksanaan rekrutmen awal ditargetkan pada Mei, dan jika formasi belum terpenuhi, maka dapat dibuka rekrutmen berikutnya hingga akhir 2024,” kata Anas beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/4/2024).

Pengumuman resmi pendaftaran CPNS dan PPPK akan segera dirilis di situs resmi dan medsos Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada Januari 2024 lalu juga telah mengumumkan membuka seleksi CASN tahun ini sebanyak 2,3 juta posisi. Jokowi juga menegaskan akan lebih mengutaman tenaga-tenaga muda atau fresh graduate 690 ribu posisi dan lowongan untuk PPPK 1,6 juta posisi.

"Saya mengundang saudara saudara talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN 2024 dan menjadi bagian semangat reformasi birokrasi dan layanan publik berdampak lebih baik," tegas Jokowi dalam keterangan pers video yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 Secara Online

  • Akses laman https://sscasn.bkn.go.id
  • Di halaman awal akan muncul Portal ASN Karier
  • Masukkan tingkat pendidikan, bisa diisi dengan lulusan terakhir
  • Pilih jurusan pendidikan
  • Masukkan nama instansi yang dimaksudkan Isikan Jenis Pengadaan, pilih CPNS atau PPPK
  • Setelah itu, klik tombol 'Cari'.

Calon pendaftar juga bisa mengecek formasi CPNS dan PPPK 2024 melalui laman resmi masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS dan PPPK.