Wali Kota Parepare Janji Beri Ganti Rugi Korban Terdampak Banjir

CELEBESMEDIA.ID, Parepare - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berjanji akan memberikan ganti rugi korban terdampak banjir dan longsor. 

Hal ini disampaikannya saat meninjau kondisi pasca banjir dan longsor pada sejumlah titik di Parepare, Minggu (5/2/2023).

"Dalam waktu sesingkat-singkatnya pemerintah akan menyalurkan bantuan kerugian yang diderita warga saya," ucapnya.

Namun ia tidak merinci besar ganti rugi yang akan diberikan. Namun timnya telah turun melakukan pendataan korban terdampak banjir dan longsor.

"Saat ini tim asesmen masih melakukan validasi pasca banjir ini," sambung Taufan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare diperkirakan sebanyak 1.000 warga terdampak bencana banjir.

Banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Kota Parepare, pada Rabu (1/2) malam, menghayutkan 13 rumah serta memakan korban jiwa 3 orang. Selain itu ratusan rumah warga rusak.

Terkait tindakan sigap saat bencana melanda Parepare, Taufan Pawe mengapresiasi kerja lembaga yang segera bergerak menyelamatkan para korban.

Saya rasakan sekali tingkat kesadaran komponen masyarakat yang ikut terlibat langsung membantu, bukan hanya pemerintah kota. Kita lihat, saya sangat apresiasi sejumlah lembaga yang membuka dapur umum," katanya. 

Taufan Pawe juga menyampaikan rasa prihatinnya atas banjir yang melanda di Parepare dan akan mencari solusi agar bencana serupa dapat diantisipasi lebih dini.

"Kejadian tanggal 18 November lalu dan tanggal 2 Februari kemarin, membuat kita semua cukup prihatin dan saat ini kami sedang mencari solusinya," tutupnya.

Laporan : Husnil M