Puluhan Pengemis Kerumuni Jamaah Usai Salat Ied di Lapangan Karebosi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puluhan pengemis mengepung jamaah usai pelaksanaan Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi, Rabu (10/4/2024).

Mereka mengerumuni pengendara roda 4 di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari depan Kompleks SDN 1,2,3,4 Sudirman hingga Menara Bosowa.

Pegendara pun secara sukarela memberikan uang dengan nominal Rp1.000 hingga Rp20.000. Para pengemis ini berebut hingga saling sikut.

”Sengaja dikasih, hitung-hitung sedekah, tiap tahun memang saya kasih karena selalu di sini shalat sama keluarga," ujar Ani salah satu jamaah saat di temui di area parkir Lapangan Karebosi.

Beberapa kali sempat terjadi kemacetan meski hanya beberapa menit akibat pengemis yang mengerumuni pengendara dari bahu jalan hingga ke badan jalan. Hal ini menghambat arus lalu lintas.

Pengemis tersebut tak hanya orang dewasa namun juga lansia, remaja, anak-anak hingga disabilitas. 

Pengakuan dari salah satu pengemis, Rifa (51), ia datang bersama putrinya di Lapangan Karebosi sejak pagi-pagi buta, dan tak mengikuti salat berjamaah.

"Dari jam 6 tadi di sini sama anak, sudah ada sekitar 100 ribu," ungkapnya.

Ia juga mengaku hampir setiap tahun melakukan pekerjaan yang sama, usai melakukannya di Lapangan Karebosi, ia putrinya bergegas berburu ke tempat lain.